Serang (ANTARA News) - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar berbagai aksi dan kegiatan cinta lingkungan hidup dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia 5 Mei 2010 di Serang, Sabtu.

Kegiatan yang digelar para mahasiswa tersebut, berupa perlombaan daur ulang sampah tingkat SMA dan Mahasiswa, pameran hasil pertanian, sepeda santai, penanaman pohon serta seminar tentang lingkungan hidup yang digelar sejak 1 hingga 5 Mei di Kampus Untirta Kota Serang.

"Ini sebagai bagian dari penyadaran bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, tentang pentiingnya menjaga kelestarian dan mencintai lingkungan hudup," kata Ketua BEM Untirta, Ihyaudin.

Sementara itu, puluhan mahasiswa dari kelompok mahasiswa pecinta alam Untirta (Mapalaut) juga menggelar aksi simpatik dengan melakukan pemungutan sampah dilingkungan kampus untuk di daur ulang. Selain itu mereka juga menggelar kegiatan penanaman mangrove di Pulau Burung Kecamatan Kasemen Kota Serang pada Minggu (6/6) pagi.

"Kami mengajak masyarakat dan pemerintah Provinsi Banten menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup. Kita harus memulai melakukan hal yang kecil untuk kepentingan yang besar," kata kordinator aksi Fikri Hasan.

Dalam aksinya, para mahasiswa mengajak masyarakat tidak berebihan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada, mereka juga mengajak masyarakat menghemat penggunaan listrik, tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan kantong plastik serta menanam pohon dalam pot atau pekarangan rumah.

"Pada hari lingkungan hidup ini, kita lakukan hal yang kecil yang mampu memberikan dampak besar terhadap perlindungan alam kita yang seakin mengkhawatirkan," kata Fikri.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa membagikan selebaran ajakan untuk mencintai lingkungan hidup kepada masyarakat yang melintas di depan kampus, mereka juga memunguti sampah yang ada di lingkungan tersebut khususnya sampah kertas untuk didaur ulang.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010