Mugello (ANTARA News/Reuters) - Usaha juara dunia Valentino Rossi mempertahankan gelar mendapat pukulan hebat saat tulang kering kaki kanannya patah akibat kecelakaan dalam latihan untuk Grand Prix Italia dan akan absen paling tidak dua bulan.

Pembalap Yamaha berusia 31 tahun itu berada pada posisi ketiga tercepat saat sesi latihan akhir hari Sabtu tinggal 15 menit, ketika ia terlempar dari sepeda motornya dan jatuh ke tanah secara buruk.

Ia mengalami kesulitan untuk bangun dan akhirnya dibawa dengan tandu untuk diperiksa oleh staf medis, yang mendiagnosa cedera tersebut dan laman MotoGP (www.motogp.com) membenarkan patahnya tulang kering itu.

Para dokter di Mugello mengatakan kepada wartawan bahwa pembalap Italia itu diterbangkan ke rumah sakit dan akan segera dioperasi mengingat cedera itu parah dan patahan tulangnya hampir menembus kulit, dan menambahkan bahwa waktu penyembuhan diduga paling tidak dua bulan.

"Saya tenang, mereka akan melakukan yang terbaik," kata Rossi seperti dikutip media Italia.

Grand Prix mendatang setelah balapan hari Minggu adalah MotoGP Inggris di Silverstone pada 20 Juni dan Rossi kemungkinan juga akan absen di balapan di Belanda, Catalan, Jerman, dan Amerika serikat (AS), sehingga menghancurkan harapannya untuk mempertahankan mahkotanya.

Juara dunia sembilan kali balap sepeda motor itu, yang mempertimbangkan masa depannya untuk beralih ke reli atau Formula satu, kini menempati posisi kedua di klasemen kejuaraan musim ini, dengan rkan satu timnya di Yamaha, Jorge Loreno, memimpin kejuaraan tersebut.

Pembalap Spanyol tersebut memimpin di sesi latihan bebas kedua menkklang kualifikasi, dengan Rossi mengakhirinya tercepat keempat meskipun mengalami kecelakan.

Rossi tercepat dalam latihan hri Jumat untuk balapan di ngaranya, tetapi ia mengeluh masih mengalami masalah bahunya yang menghambatnya di babak-babak awal musim ini.(*)

(Uu.S005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010