Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mempercepat waktu pengumuman hasil Ujian Nasional ulangan untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat.

"Pengumuman hasil UN ulangan untuk SMP akan dimajukan dari jadwal sebelumnya yaitu diumumkan pada 25 Juni, tetapi untuk kepastian tanggalnya belum bisa ditentukan," kata Koordinator Ujian Nasional (UN) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Baskara Aji di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, pihaknya masih harus menunggu pengiriman hasil UN ulangan untuk tingkat SMP dari Jakarta melalui surat elektronik untuk menentukan kepastian tanggal pengumuman UN ulangan SMP dan sederajat.

"Kabar dari Jakarta, hasil UN ulangan itu memang sudah akan dikirimkan hari ini, tetapi sampai sekarang saya belum menerimanya," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY menerima surat dari Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) yang meminta agar hasil UN ulangan SMP dan sederajat diumumkan pada Kamis (10/6).

Baskara melanjutkan, apabila hasil UN ulangan untuk SMP tersebut sudah diterima dari Jakarta, pihaknya masih akan melakukan serangkaian proses sebelum hasil tersebut dapat diumumkan kepada siswa melalui masing-masing sekolah.

"Kemungkinan besar, hasil UN ulangan SMP akan dapat diumumkan pada akhir pekan ini, apabila hasil UN ulangan tersebut dapat diterima hari ini juga," katanya.

Secara prinsip, lanjut Baskara, seluruh sekolah di provinsi tersebut telah sepakat untuk memajukan pengumuman hasil UN ulangan SMP dengan tujuan agar siswa segera mengetahui hasil ujian yang mereka lakukan.

"Selain itu, agar siswa yang ingin mengikuti ujian penyetaraan paket B dapat langsung mendaftar. Apabila diumumkan di akhir Juni, waktu pendaftaran dan persiapannya terlalu singkat," katanya.

Selain akan mempercepat waktu pengumuman hasil UN ulangan SMP, Disdikpora juga akan memajukan waktu pengumuman hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk sekolah dasar dari 19 Juni.

Namun, Disdikpora juga belum bisa memastikan kepastian tanggalnya.

"Besok kami baru akan mengundang kepala sekolah untuk mengetahui kesiapan sekolah terkait hasil ujian sekolah," katanya.

(U.E013/z003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010