Ottawa (ANTARA News/AFP) - Defisit perdagangan Kanada berubah menjadi surplus 175 juta dolar Kanada (169 juta dolar AS) pada April, karena impor jatuh lebih cepat daripada ekspor, Statistik Kanada, mengatakan Kamis.

Ekspor turun satu persen sedangkan impor turun 2,2 persen, sebagai akibat dari harga yang lebih rendah, badan pemerintah mengatakan.

Kedua volume ekspor dan impor naik untuk ketiga bulan berturut-turut, walaupun pada kecepatan yang lebih lambat dibandingkan bulan sebelumnya.

Neraca perdagangan Maret direvisi turun menjadi 236 juta dolar Kanada (228 juta dolar AS) defisit dari 254 juta dolar Kanada (250 juta dolar AS) surplus sebelumnya.

Analis memperkirakan surplus perdagangan sebesar 500 juta dolar (483 juta dolar AS) pada April.

Ekspor logam mulia turun 27,4 persen pada April, kata Statistik Kanada.

Ekspor pupuk menurun 13,7 persen, "terutama disebabkan turunnya ekspor kalium."

Ekspor gas alam turun 20,9 persen, mencerminkan harga dan volume yang lebih rendah. "Permintaan untuk gas alam menurun sebagai akibat dari cuaca ringan dan tingkat persediaan tinggi," kata Statistik Kanada.

Ekspor dari produk hewan, yaitu bulu-bulu, dan bijih nikel naik.

Sementara itu, impor bahan kimia dan plastik, menurun 10,0 persen, terutama akibat turunnya impor kimia organik, terutama bahan aktif farmasi.

Setelah mencapai rekor tertinggi pada Maret, impor logam mulia jatuh 30,8 persen.

Perdagangan dengan Amerika Serikat tetap sebagian besar datar mencapai 3,8 miliar dolar (3,7 miliar dolar AS).

Ekspor ke Uni Eropa jatuh 23,4 persen, sementara impor jatuh 7,0 persen, dipimpin oleh penurunan logam mulia dari Uni Eropa. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010