Washington (ANTARA News/AFP) - Defisit anggaran pemerintah Amerika Serikat menyusut 28 persen pada tahun-ke-tahun menjadi 135,93 miliar dolar pada Mei, departemen keuangan mengatakan Kamis.

Defisit tersebut adalah ke-20 bulan berturut-turut tinta merah federal.

Data terakhir membawa defisit dari pemerintah federal selama delapan bulan pertama tahun fiskal 2010 yang berakhir 30 September menjadi 935,61 miliar dolar -- 53,35 miliar dolar kurang dari tahun sebelumnya.

Penerimaan jatuh pada Mei menjadi 146,80 miliar dolar dari April, tetapi pengeluaran juga merosot menjadi 282,72 miliar dolar, angka-angka departemen keuangan menunjukkan.

Angka defisit Mei lebih rendah dari 142 miliar dolar yang diperkirakan sebagian besar ekonom serta Kantor Anggaran Kongres, sebuah lembaga nonpartisan yang menyediakan data ekonomi untuk anggota parlemen.

Mengingat "perbedaan kecil" antara CBO dan data aktual, reaksi pasar akan menjadi terbatas, analis Briefing.com mengatakan dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Gedung Putih telah memperingatkan awal tahun ini bahwa defisit untuk tahun fiskal 2010 bisa membengkak menjadi 1,555 triliun dolar, melampaui tahun sebelumnya yang tercatat 1,415 triliun dolar.

Pelebaran besar kesenjangan berasal dari pengeluaran untuk merangsang pemulihan dari resesi terburuk dalam beberapa dekade dan pendapatan pajak menurun.

Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, Rabu memperingatkan, bahwa negara Amerika harus memperhatikan pelajaran dari krisis fiskal Eropa.

Selain defisit, utang nasional AS juga melonjak.

Utang AS berdiri pada tertinggi dalam sejarah 13 triliun dolar pada 1 Juni dan menurut laporan terakhir departemen keuangan untuk Kongres, bisa naik menjadi 19,6 triliun dolar pada 2015, mencapai 100 persen dari produk domestik bruto.

Bernanke mengatakan bahwa sementara pengeluaran jangka pendek telah diperlukan untuk merangsang ekonomi, defisit harus diturunkan dari waktu ke waktu. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010