Jakarta (ANTARA News) - Pemain Pelatnas Pratama Evert Sukamta keluar sebagai runner-up Tangkas Alfamart Junior Challenge setelah gagal mengatasi Prinyawat Thongnuam.

Pada final yang digelar di Stadion Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, Evert yang menjadi unggulan kedua, kalah 15-21, 21-13, 11-21 dari pemain Thailand tersebut.

Evert yang sempat mendapat kartu kuning dari wasit akibat mengacungkan kepalan tangannya, tertinggal jauh pada game penentuan sebelum menyerah saat smes Prinyawat gagal dikembalikannya.

"Pada game ketiga saya kehilangan konsentrasi. Tetapi saya sudah bermain maksimal," ujar Evert yang mengakui bahwa peringatan wasit agak mengganggu permainannya.

Ia juga menilai pukulan-pukulan dari belakang yang dilakukan lawannya sangat baik, begitu pula pukulan menyilang di depan netnya.

Sementara itu, pelatih Pelatnas Pratama Rony Agustinus menilai Evert harus memperbaiki akurasi permainannya dan meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan permainan.

"Kemampuan melakukan `finishing`-nya kurang, jadi banyak kesempatan yang mestinya bisa dia selesaikan, dia tidak bisa," katanya.



Ganis juara

Pemain asal PB Pertamina Ganis Nur Rahmandhani yang menjadi unggulan 3/4 berhasil mengalahkan peringkat 85 dunia Sapsiree Taerattanachai untuk meraih gelar juara tunggal putri.

Ganis bangkit dari kegagalan pada game pertama untuk mengalahkan pebulu tangkis Thailand tersebut 12-21, 21-14, 22-20.

"Dia seorang pemain yang lebih banyak menyerang tetapi saya berusaha bertahan. Awalnya sempat bingung, kelabakan, karena dia cepat sekali, tetapi akhirnya bisa mengatasi," kata Ganis usai pertandingan.

Ia mengatakan, penampilannya yang ketiga di Tangkas Alfamart Junior Challange itu adalah yang ketiga dan terakhir baginya. "Karena saya sekarang sudah 18 tahun jadi ini yang terakhir main di junior," katanya.

Adapun Sapsiree yang akan mewakili Thailand dalam Youth Olympic Games di Singapura, Agustus mendatang, mengaku sangat senang dengan suasana stadion yang hiruk pikuk oleh penonton.

"Saya belum pernah bermain di final dengan penonton sebanyak itu. Di Thailand tidak banyak yang bermain bulu tangkis," katanya.

Gelar juara ganda campurtan diraih pasangan unggulan keempat Hafiz Faizal/Shella Devi. Yang mengalahkan unggulan ketiga Dandi Prabudita/Deariska Putri Medita dengan skor ketat 22-20, 21-19.

Sementara mahkota ganda putri dimenangkan pasangan unggulan 5/8 Aris Budiharti/Dian Fitriani dengan menyisihkan unggulan kedua Deariska Putri Medita/Gloria Emanuell Widjaja 21-17, 14-21, 21-16.

Adapun pasangan unggulan pertama Jones Ralfi Jansen/Dandi Prabudita menjadi juara ganda putra setelah mengungguli pasangan unggulan kedua Ivandi Danang/Hardianto dengan skor 21-19, 21-16.

Babak final turnamen junior tersebut juga dimeriahkan panggung musik yang di antaranya menampilkan Kerispatih dan The Virgin di sela-sela pertandingan.(*)
(Ant/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010