Jakarta (ANTARA News) - Para pemain bulu tangkis junior dari 26 negara akan mengikuti Kejuaraan Bulutangkis Terbuka Tangkas Alfamart Junior Challenge 2009 yang digelar di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta 5-10 Oktober mendatang.

Ke-26 negara tersebut adalah China, Korea, Jepang, Thailand, Filipina, India, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Iran, Hong Kong, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Selanjutnya adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Bulgaria, Prancis, Belanda, Denmark, Inggris, Rusia, Swiss, dan Swedia.

"Selain atlet mancanegara, kami juga mengundang 33 pengda PBSI di seluruh Indonesia. Total pemain yang akan mengikuti kejuaraan ini diperkirakan mencapai 400 atlet bulutangkis junior. Itu termasuk atlet Indonesia sebagai tuan rumah," kata Velina Yulianti, Direktur Marketing dan Business Development Alfamart, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, tujuan diadakannya kejuaraan tersebut adalah untuk meningkatkan prestasi altet bulutangkis junior dan proses regenerasi atlet baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Keikutsertaan atlet-atlet mancanegara, kata dia, diharapkan mampu menambah semangat atlit daerah maupun nasional. Selain itu dengan adanya atlet dari mancanegara diharapkan juga mampu menambah pengalaman bertanding bagi atlet junior Indonesia.

"Dengan kejuaraan ini diharapkan mampu memunculkan atlet-atlet muda yang potensial dan bisa menggantikan atlet-atlet senior yang ada," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Kejuaraan Bulutangkis Terbuka Tangkas Alfamart Junior Challenge 2009 itu merupakan event kedua kalinya. Pada tahun 2008 lalu kejuaraan bertaraf internasional ini diikuti oleh atlet kelompok umur putera-puteri di bawah usia 19 tahun dari 17 negara di Asia, Australia, Afrika, Amerika dan Eropa serta atlet bulutangkis dari 33 pengda PBSI di seluruh Indonesia.

Ketua Umum PB. Tangkas Alfamart Justian Suhandinata menyambut positif dilaksanakannya Kejuaraan Bulutangkis Terbuka Tangkas Alfamart Junior Challenge 2009.

"Saya gembira sekaligus bangga, setelah tahun lalu kita berhasil menyelenggarakan even bertaraf internasional, tahun ini kita kembali menyelenggarakan Kejuaraan Bulutangkis Terbuka Tangkas Alfamart Junior Challenge 2009, " katanya.

Menurut dia, dengan adanya dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet bulu tangkis handal Indonesia serta bisa meningkatkan kembali prestasi perbulutangkisan nasional di tingkat dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009