Jakarta (ANTARA) - Dettol bekerja sama dengan Alfamart menjalankan kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan dalam upaya menggalang bantuan untuk memberikan bantuan sabun anti-bakteri selama setahun penuh kepada 855 keluarga di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan ingin turut menyertai ibadah Ramadan masyarakat dengan memberikan akses kebersihan pada keluarga di lingkungan yang rentan agar tetap terjaga dari kuman selama beribadah," kata Manajer Pemasaran Dettol Indonesia Alvin Wiradarma sebagaimana dikutip dalam siaran pers perusahaan pada Rabu.

Dalam Kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan, pada setiap pembelian produk Dettol senilai Rp30.000 di gerai Alfamart akan disisihkan bantuan untuk penyediaan sabun bagi keluarga-keluarga di Bantargebang.

"Saya berharap kolaborasi yang bahkan dampaknya akan diimplementasikan satu tahun penuh ini dapat menjadi akselerator bagi pemerataan akses sanitasi bagi keluarga Indonesia di lingkungan berisiko tinggi akan kuman dan bakteri," kata Direktur Urusan Korporat Alfamart Solihin.

Baca juga: Cuci tangan pakai sabun efektif cegah penyakit menular

Heri Kurniawan selaku perwakilan dari Yayasan Tunasmuda Care (T.CARE) berharap banyak warga yang berpartisipasi dalam kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan.

"Kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam kampanye Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan keluarga yang sehat," katanya.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Mohammad Adib Khumaidi mengemukakan pentingnya lingkungan yang bersih dan akses memadai terhadap sarana kesehatan.

Dia mengatakan bahwa gerakan cuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko penyakit diare hingga 30 persen.

"Makanan dan minuman yang kita santap melalui tangan yang bersih akan menjaga kita tetap sehat sepanjang menjalankan ibadah puasa," katanya.​​​​​​​

Baca juga: Cuci tangan pakai sabun minimalkan penyebaran infeksi
Baca juga: Keluarga berperan strategis bangun kesadaran cuci tangan


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024