Saya lihat tidak ada satu pun produk UMKM lokal yang dijual di bright by Alfamart itu.
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI asal Aceh Anwar Idris meminta Pertamina untuk memasukkan produk UMKM lokal ke setiap outlet bright by Alfamart di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), termasuk di Tanah Rencong.

"Harapan saya sebagai anggota DPR RI kepada Pertamina dapat memasukkan produk UMKM Aceh di bright by Alfamart," kata Anwar Idris, di Aceh Besar, Kamis.

PT Pertamina (Persero) sudah menjalin kerja sama atau kolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Group Alfamart untuk memenuhi seluruh kebutuhan konsumen di SPBU.

Permintaan itu disampaikan Anwar Idris setelah melihat produk-produk di bright by Alfamart di lingkungan SPBU Lamsayeun, Kabupaten Aceh Besar.

"Saya lihat tidak ada satu pun produk UMKM lokal yang dijual di bright by Alfamart itu," ujarnya pula.

Ke depan, Anwar berharap Pertamina harus memperhatikan kearifan lokal di setiap daerah, terutama untuk Aceh, karena daerah ini memiliki banyak UMKM yang mempunyai produk berkualitas.

Tidak mesti banyak, ujar dia, di setiap outlet bright by Alfamart itu minimal bisa memasukkan 30 persen hasil UMKM lokal. Apalagi produk mereka juga tidak kalah saing dengan yang dijual saat ini.

Misalnya kopi Aceh yang memang sudah terkenal di Indonesia hingga mancanegara, maka dari itu Pertamina tidak perlu ragu untuk memasukkan produk lokal Aceh.

"Jadi kearifan lokal harus diperhatikan. Teman-teman di sini ada usaha juga. Tidak salah juga produk lokal masuk ke bright by Alfamart. Mudah-mudahan Pertamina mendengar ini," demikian Anwar Idris.
Baca juga: Pertamina gandeng minimarket kembangkan Bright Store

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023