Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Minggu pagi, mengakhiri kunjungan tiga harinya di Bali dan meninggalkan pulau itu dari Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 10.30 WITA.

Turut dalam rombongan Presiden antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan juru bicara kepresidenan Julian A Pasha.

Di Bali, Presiden Yudhoyono membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32.PKB merupakan pesta rakyat yang berlangsung sebulan sejak 12 Juni hingga 10 Juli 2010.

Pelaksanaan PKB biasanya identik dengan pawai budaya yang dimulai dari depan bangsal Jaya Sabha, rumah jabatan Gubernur Bali hingga Taman Budaya, tempat berlangsung aktivitas seni dan budaya.

Sedikitnya 500 petugas kepolisian dikerahkan untuk mengamankan penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-32 di Denpasar.

PKB yang berlangsung selama sebulan itu diisi dengan 180 kali pementasan dengan melibatkan tidak kurang dari 15.000 seniman.

Duabelas grup kesenian dari sejumlah daerah di Indonesia dan sembilan grup dari mancanegara juga ikut ambil bagian dalam PKB.

Penampilan seniman Nusantara dan asing itu diharapkan mampu memberi warna serta menambah wawasan dan apresiasi seni bagi masyarakat Pulau Dewata.

Tim kesenian luar Bali yang ikutserta antara lain Jawa Timur, Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Tangerang, Jakarta Barat, Magelang dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu juga tim kesenian dari Lombok Tengah, Kabupaten Lingga dan Jakarta Utara.

PKB kali ini juga dimeriahkan sembilan grup kesenian dari mancanegara, antara lain dari Amerika Serikat, India, Swedia, Jepang, Kanada dan Prancis.

(T.G003/C004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010