Birmingham, Inggris (ANTARA News) - Unggukan utama Li Na dari China menjuarai Birmingham WTA di Edgbaston dan kembali masuk 10 besar dunia setelah mengalahkan unggulan kedua dari Rusia Maria Sharapova 7-5 6-1 di Birmingham, Minggu.

Pertandingan tersebut merupakan ulangan semifinal tahun lalu, dimana Li Na juga mengalahkan Sharapova sebelum kalah dari petenis Slovakia Magdalena Rybarikova di final.

Di set pertama yang berjalan ketat Lina ketinggalan 1-3, tetapi kemudian berhasil memenangi set itu, sebelum memenangi set kedua dalam waktu hanya 24 menit. Gelar tersebut merupakan gelar ketiga dalam karir pemain berusia 24 tahun itu.

Ia juga juara di Guangzhou, di tanah airnya di China, di tahun 2004 dan di Gold Coast di Australia dua tahun lalu.

Li Na merupakan petenis putri pertama China yang menembus 10 besar dunia awal tahun ini, mencapai Nomor 10 setelah setelah maju ke semifinal Australia Terbuka, sebelum terlontar dari kelompok elite dunia setelah bertahan selama tujuh pekan dan melorot ke urutan ke-16.

Tetapi, beberapa penampilan yang bagus di lapangan tanah liat dan juara di lapangan rumput di Edgbaston, dalam pertandingan pemanasan untuk Wimbledon, membuat Li Na kembali ke peringkat global.

Mantan juara Wimbledon, Australia Terbuka, dan AS Terbuka, Sharapova berusaha meraih gelar ketiga di Edgbaston.

Dan bila menang pada hari Minggu itu, Sharapova akan menjadim petenis putri pertama tahun ini yang menjadi juara di tiga event setelah menjadi juara di Memphis dan Strasbourg. (*)

AFP/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010