Akuatik

Sidang banding kasus Sun Yang digelar Mei

Sidang banding kasus Sun Yang digelar Mei

Perenang Cina Sun Yang memegang Kaka maskot Asian Games 2018 saat upacara penyerahan medali emas Gaya Bebas Putra 400 meter Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (21/8/2018). ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean/wsj/Spt/aa.

Sidang baru akan digelar pada pekan tanggal 24-28 Mei 2021
Jakarta (ANTARA) - Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menyatakan sidang banding untuk Sun Yang, bintang renang asal China yang dibebaskan dari sanksi larangan tampil selama delapan tahun pada tahun lalu, akan digelar pada 24-28 Mei.

Sidang banding Sun itu akan digelar dua bulan sebelum Olimpiade Tokyo digelar.

“Sidang baru akan digelar pada pekan tanggal 24-28 Mei 2021,” demikian pernyataan CAS dikutip dari AFP, Jumat.

Baca juga: Sanksi larangan delapan tahun Sun Yang dicabut sementara

Mahkamah Agung Federal Swiss pada tahun lalu mencabut larangan tampil kepada perenang 29 tahun itu, yang diduga telah menghancurkan sampel darahnya ketika tim penguji datang ke rumahnya pada September 2018.

Putusan CAS di Lausanne disepakati untuk dibatalkan dengan alasan adanya aspek bias atau ketidaksukaan personal dari salah satu arbiter CAS kepada peraih tiga medali emas Olimpiade itu.

Mahkamah Agung Federal Swiss juga sepakat dengan argumen pengacara Sun Yang yang mengatakan bahwa ketua panel CAS Franco Frattini melontarkan cuitan anti-China lewat akun Twitter-nya.

“Setelah keputusan Pengadilan Federal Swiss pada 22 Desember untuk mencabut presiden panel arbitrase, anggota panel lainnya juga mengundurkan diri dan panel baru telah ditunjuk,” kata CAS.

Baca juga: Sun Yang sudah ajukan banding atas skorsing dopingnya

Panel baru terdiri atas Hans Nater dari Swiss, Jan Paulsson dari Prancis, dan Bernard Hanotiau dari Belgia.

“Pada akhir sidang nanti panel akan mulai memberikan berbagai pertimbangan mereka dan menyiapkan keputusannya,” kata CAS.

“Keputusannya tidak akan diumumkan ketika sidang selesai, tetapi di kemudian hari.”

Sun Yang saat ini dibebaskan dari sanksi larangan tampil dan diizinkan untuk bertanding sampai kasusnya disidangkan lagi.

Jika permohonannya dikabulkan maka ia diperbolehkan tampil di Olimpiade Tokyo pada Juli-Agustus untuk mempertahankan gelarnya pada nomor 200 meter gaya bebas.

Baca juga: Sun Yang banding atas larangan tampil delapan tahun
Baca juga: Sun Yang, perenang top China dilarang tampil 8 tahun gara-gara doping


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BRI serahkan CSR konservasi Sungai Andalas senilai Rp500 juta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar