Paris (ANTARA News) - Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Selasa mengatakan tidak peduli pada jatuhnya euro khususnya terhadap dolar baru-baru ini.

"Saya tidak ikut menjerit dengan alarm jatuhnya euro. Penurunan dalam euro membuat produk kami lebih kompetitif (di pasar dunia)," kata Sarkozy dalam sebuah pertemuan di Paris seperti dilaporkan AFP.

"Saya benar-benar tidak mengerti mengapa kita harus memberikan pesaing kami karunia mata uang (kuat) yang membuat beberapa bisnis kami kurang kompetitif," ia menambahkan.

Presiden mengatakan itu "tampaknya sulit untuk saya ceritakan (perusahaan kami) menuju luar negeri dan memenangkan pangsa pasar dan kemudian kami memiliki mata uang yang membuat mereka kehilangan pangsa pasar dan daya saing.

"Berdasarkan hal itu ... (jatuhnya euro) berada dalam arah yang benar," ia menambahkan.

Euro telah jatuh tajam dalam beberapa bulan terakhir karena investor telah menjual unit turun demi mendukung dolar karena kekhawatiran krisis utang Eropa bisa menenggelamkan proyek seluruh zona euro.

Sementara beberapa pihak menyatakan prihatin, yang lainnya bersama dengan Sarkozy menyambut pelemahan mata uang itu sebagai dorongan untuk ekspor yang mereka harapkan akan membantu mengembalikan ekonomi Eropa ke arah yang seharusnya. (A026/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010