Liga Inggris

Chelsea dipermalukan West Brom

Chelsea dipermalukan West Brom

Wasit David Coote (kanan) memperlihatkan kartu merah kepada bek Chelsea Thiago Silva (kiri) dalam lanjutan Liga Inggris melawan West Bromwich Albion di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (3/4/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Rose)

Jakarta (ANTARA) - Chelsea dipermalukan West Bromwich Albion 2-5 dalam laga pekan ke-30 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu.

Hasil itu menyudahi masa bulan madu Chelsea bersama Thomas Tuchel, sebab The Blues menelan kekalahan pertamanya di bawah pelatih asal Jerman itu sekaligus berakhirnya tren nirbobol di kandang sendiri sejak kedatangan sang manajer.

Catatan indah bersama Tuchel agaknya akan berlanjut ketika Christian Pulisic membawa Chelsea memimpin dengan menyambar bola muntah hasil tendangan bebas Marcos Alonso yang membentur mistar gawang pada menit ke-27.

Namun, dua menit kemudian Thiago Silva menerima kartu kuning keduanya lantaran menjegal Okay Yokuslu yang memaksa Chelsea menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain di lapangan.

Baca juga: Tuchel minta Werner jangan khawatir

Situasi 11 lawan 10 baru bisa dimanfaatkan oleh West Brom pada pengujung babak pertama ketika Matheus Pereira menyamakan kedudukan memanfaatkan umpan jauh kiriman kiper Sam Johnstone pada menit kedua injury time.

Dua menit kemudian tim besutan Sam Allardyce berbalik memimpin saat Pereira mencetak gol keduanya dengan sepakan akurat melewati keremunan pemain Chelsea demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang sekaligus membawa West Brom unggul 2-1 atas tuan rumah.

Chelsea hampir saja menyamakan kedudukan sembilan menit memasuki babak kedua, tetapi lagi-lagi tembakan Alonso membentur tiang gawang dan kali ini tidak ada rekannya yang menyambar bola muntah.

West Brom memperlebar keunggulan mereka pada menit ke-63 melalui penyelesaian matang Callum Robinson menyelesaikan umpan tarik kiriman Darnell Furlong.

Lima menit kemudian keunggulan West Brom bertambah jadi 4-1 saat Mbaye Diagne menyudahi sebuah situasi serangan balik untuk memaksa kiper Edouard Mendy kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Baca juga: Tuchel ingin Chelsea manfaatkan keuntungan main di kandang sendiri
Baca juga: Allardyce merasa Brexit persulit West Brom rekrut pemain


Pada menit ke-71, Chelsea memangkas ketertinggalan lewat sontekan jarak dekat Mason Mount memanfaatkan umpan Alonso, tetapi tuan rumah kesulitan menciptakan momentum kebangkitan.

Justru Robinson mencetak gol keduanya pada menit pertama injury time untuk mengunci kemenangan West Brom 5-2 atas Chelsea.

Kemenangan itu belum cukup mengentaskan West Brom dari posisi ke-19 klasemen, tetapi mereka kini hanya butuh delapan poin dan hasil buruk para pesaing jika ingin meloloskan diri dari ancaman degradasi.

Sedangkan Chelsea (51) sementara masih menempati peringkat keempat, terancam disalip West Ham United (49) dan Tottenham Hotspur (48), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Untuk pertandingan selanjutnya, Chelsea akan melawat ke markas Crystal Palace pada Sabtu (10/4) pekan depan, dua hari sebelum West Brom menjamu Southampton.

Namun, pada Rabu (7/4), Chelsea akan terlebih dulu melakoni leg pertama perempat final Liga Champions melawan Porto.

Baca juga: Leicester perpanjang kontrak Kelechi Iheanacho hingga 2024
Baca juga: Chelsea beli Aguero jika gagal beli Haaland
Baca juga: Raiola terbang ke Inggris rundingkan transfer Erling Haaland

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar