Jakarta (ANTARA News) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaq memberikan pengarahan pada sekitar 800 anggota legislatif di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota asal partai tersebut dalam acara Musyawarah Nasional ke-2 PKS.

Dalam pengarahannya itu, di Jakarta, Kamis, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengingatkan anggota legislatif untuk tidak lupa berterimakasih pada konstituen dan kader partai yang telah memberikan suara sehingga mengantarkan mereka duduk di parlemen.

"Kita tidak boleh melupakan konstituen dan kader yang telah mengantarkan kita," katanya saat memberikan pengarahan dalam acara "Workshop Nasional" Anggota Legislatif, yang merupakan rangkaian acara dari Munas ke-2 PKS.

Rasa terima kasih tersebut, ujarnya, harus diwujudkan dengan program dan kerja nyata untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, bukan cuma sekedar pernyataan-pernyataan yang tidak ditindaklanjuti.

Luthfi meminta agar seluruh fraksi di daerah untuk mengambil langkah-langkah nyata guna mengapresiasi kepercayaan pemilih dan kader yang telah memilih dan memberikan amanat pada PKS.

Selain itu, Luthfi juga mengingatkan kader PKS untuk memperkuat konsolidasi. Ia meyakini soliditas adalah salah satu kunci penting bagi keberhasilan partai.

"Soliditas ini yang bisa mengantarkan kemenangan kita," katanya.

Sementara itu, sebelum menerima pengarahan dari Presiden PKS dan Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal, ratusan anggota legislatif ini menerima pembekalan khusus.

Ratusan anggota legislatif yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok menerima pembekalan dengan tema yang berbeda yaitu telaah UU 28/2009 tentang sumber-sumber pendapatan daerah dan Permendagri nomor 13 Tahun 2010 tentang tindaklanjut atas laporan hasil pemeriksaan BPK.

Selain itu, tentang pengawasan atas pengelolaan keuangan daerah dan pelaksanaan audit investigasi dan meningkatkan kapasitas teknik negosiasi untuk anggota legislatif.

Ditemui terpisah, Ketua Panitia Munas PKS ke-2 Ma`mur Hasanuddin menjelaskan pembekalan bagi anggota legislatif ini dimaksudkan untuk konsolidasi internal dan menyampaikan informasi-informasi agar program di daerah seiring dengan pusat.

"Sering sekali kebijakan yang dibahas di pusat tidak terinformasi dengan baik di daerah, untuk itu kita komunikasikan, termasuk minta tanggapan," katanya.

Pembekalan dari Presiden PKS menyangkut kebijakan partai ke depan, penguatan koordinasi antara pusat dan daerah.(H017/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010