Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Alifian Mallarangeng mendukung tampilnya PSSI U-12 di kompetisi sepakbola dunia tingkat anak di Swedia Juli nanti.

Saat dikunjungi Ewa Polano, Duta Besar Swedia Ewa Polano, pimpinan SKF (perusahaan sistem pelumasan Swedia), Jakarta Football Academy (JFA), dan tim Indonesia, Kamis, Menpora mengaku sangat gembira para pemegang masa depan Indonesia tampil di ajang tingkat dunia itu.

"Sangat menggembirakan Kedutaan Swedia dan SKF Indonesia menyelenggarakan turnamen sepak bola Usia 12 Tahun untuk bertanding di Swedia," kata Andi dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Ia menegaskan, perhatian bagi olah raga khususnya sepak bola memang harus diberikan pada anak-anak usia 12 tahun, terutama bagi Indonesia yang ingin tampil di ajang bergengsi Piala Dunia, lima atau 10 tahun ke depan.

"Kita memang harus fokus pada anak-anak usia 12 tahun. Karena 10 tahun ke depan, mereka sudah berusia 22 tahun dan mempunyai kesempatan lolos piala dunia 10 tahun," katanya.

Sementara itu, Dubes Ewa Polano mengatakan, dalam Sweden Cup ini, Swedia telah melakukan persiapan maksimal untuk menyambut para peserta turnamen ini, sampai pada makanan tim.

Ajang memperebutkan Piala Gothia ini akan berlangsung di Gothenburg, Swedia, Juli nanti. Piala Gothia adalah turnamen sepak bola dunia untuk anak-anak berusia 11 tahun dan 19 tahun.

Piala Gothia pertama kali diselenggarakan pada 1975 dan diikuti 275 tim peserta. Saat ini 1.500 tim dari seluruh dunia berpartisipasi. Selama 36 kali bergulir, Sekitar 750 ribu anak dari 127 negara ikut bermain di turnamen ini. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010