Moskow (ANTARA News/AFP) - Miliarder Rusia Oleg Deripaska, pemilik perusahaan En+ Group, Kamis mengatakan, pihaknya telah menjadi pemegang saham pendiri di bursa komoditi Hong Kong (Hong Kong Mercantile Exchange) dengan mengakuisisi 10 persen sahamnya di Bursa.

"Kami senang menjadi pemegang saham pendiri di HKMEx dan mengambil bagian dalam bangunan bursa Asia di Hong Kong -- salah satu pusat keuangan yang paling menonjol di wilayah ini," perusahaan mengutip wakil CEO pertama perusahaan Artyom Volynets dalam sebuah pernyataan.

"Ini bentuk ekor burung dengan strategi pertumbuhan kami di En+ Group untuk menangkap peluang baru di pasar Asia yang dapat membantu efisiensi melalui portofolio inti kami di dekat Siberia timur," katanya.

Terdaftar pada 2008, bursa komoditi ini bertujuan menggunakan untuk modal pekembangan permintaan China daratan untuk minyak dan bahan baku lainnya. Perdagangan diharapkan mulai akhir tahun ini, kata pernyataan bersama.

Didirikan pada 2005 sebagai divisi energi Deripaska`s Basic Element group, En+ Group memiliki saham di beberapa perusahaan, termasuk saham 47,59 persen di perusahaan aluminium terbesar di dunia, UC Rusal.

Perusahaan, tidak mengungkapkan rincian transaksi keuangan, mengatakan akan memiliki satu perwakilan di dewan direksi HKMEx.

Deripaska`s Rusal adalah perusahaan Rusia pertama yang tercatat di Hong Kong Stock Exchange dengan 2,2 miliar dolar IPO awal tahun ini adalah terbesar oleh perusahaan dari luar Asia.

"Kami senang memiliki En+ Group sebagai pemegang saham pendiri," Ketua HKMEx Cheung Barry seperti dikutip dalam pernyataan bersama.

"Ini akan lebih meningkatkan posisi kami untuk membangun sebuah bursa komoditas yang kuat, mitra dagang di mana regional dan global dapat berinteraksi untuk saling manfaat." (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010