Washington (ANTARA News/AFP) - Dana Moneter Internasional "sangat terkesan" dengan langkah-langkah Spanyol untuk mengakhiri krisis fiskal negara, seorang juru bicara wanita untuk lembaga yang berbasis di Washington, mengatakan Kamis.

"Kami sangat terkesan dengan target defisit yang mereka telah umumkan yang tampaknya sepenuhnya tepat," kata Caroline Atkinson.

Komentarnya datang setelah Spanyol melakukan pengekangan dan menyetujui reformasi penting pasar kerja yang kaku pada Rabu.

Kabinet menyetujui reformasi tenaga kerja, dianggap penting untuk menghidupkan kembali ekonomi dan menangkis krisis utang gaya Yunani, meskipun serikat pekerja menyerukan untuk mengadakan pemogokan umum terhadap mereka.

Defisit publik Spanyol membengkak menjadi 11,2 persen dari produksi tahun lalu, mendorong pemerintah Sosialis untuk meluncurkan sebuah gerakan penghematan untuk memangkas selisih antara pendapatan dan pengeluaran menjadi tiga persen pada 2013.

Langkah ini dirancang untuk meyakinkan investor bahwa Spanyol mampu memenuhi kewajiban utangnya, tapi tidak banyak untuk memadamkan desas-desus bahwa Spanyol mungkin memerlukan bailout (dana talangan) 200-250 miliar euro (246-307 miliar dolar) dari Uni Eropa.

Pejabat Uni Eropa dan Spanyol telah membantah keras laporan itu. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010