Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan akan menindak tegas pegawai di kementerian keuangan, khususnya Ditjen Pajak yang tersangkut dengan kasus pajak Gayus Tambunan.

"Saya belum mendapat laporan, tapi seandainya ada yang tersangkut maka kita akan menindak," kata Agus di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya mengembalikan kredibilitas instansi pajak di mata masyarakat.

"Kepercayaan masyarakat, pemangku kepentingan kepada institusi pajak merupakan suatu prioritas yang diupayakan Kemenkeu," katanya.

Menurut dia, jika memang sudah ada rekomendasi tentang orang-orang yang tersangkut, maka hal itu akan dibahas dalam rapat panitia khusus.

"Kami akan bahas dalam rapat panitia khusus masalah kepersonaliaan dan nanti akan kami putuskan," katanya.

Sebelumnya Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo mengungkapkan, akan ada atasan Gayus yang bakal diproses oleh pihak kepolisian.

"Saat ini masih saksi tapi dalam waktu dekat akan jadi tersangka, itu barang buktinya ada dan dalam waktu dekat akan jadi tersangka. Kalau sudah jadi tersangka dan ditahan, baru kita proses dari sudut kepegawaian. Ya diberhentikan sementara dulu," katanya.

Ia menyatakan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada kepolisian agar pengusutan aliran dana Gayus terbuka.

Dirjen Pajak meminta Polisi tidak ragu-ragu membongkar kasus pidana perpajakan Gayus. "Saya berharap semua yang terkait diungkap saja, itu akan lebih baik," katanya.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010