Makassar (ANTARA News) - Kota Makassar menjadi tuan rumah kompetisi bartender untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) meliputi Sulawesi dan Maluku pada 21-22 Juni 2010.

Ketua pelaksana penyelenggara "Indonesia Vibe Liquer and Spirit Exology Bartender Championship 2010", Hilman, di Makassar, Sabtu, mengatakan bahwa kompetisi ini ditargetkan akan diikuti 30 peserta.

"Hingga menjelang pertemuan teknis dengan panitia, jumlah peserta yang mengkonfirmasikan dirinya ikut serta dalam kompetisi ini sebanyak 22 orang," katanya.

Ia mengatakan peserta berasal dari Makassar, Manado, Kendari, dan Yogyakarta. Mereka merupakan bartender profesional dari institusi pendidikan seperti Akademi Pariwisata.

Kompetisi dengan biaya pendaftaran Rp100 ribu ini berhadiah Rp2 juta untuk juara pertama, juara kedua dan ketiga masing-masing Rp1,5 juta, dan Rp1 juta, sedangkan juara empat dan lima masing-masing Rp300 ribu, dan Rp200 ribu.

"Kelima pemenang tersebut berhak mengikuti kompetisi final dan bertanding dengan juara-juara dari wilayah lain di Indonesia guna memperebutkan hadiah utama Rp50 juta," katanya.

Kompetisi final akan digelar di Jakarta pada Oktober 2010.

Para peserta akan dinilai tim juri yang terdiri dari empat orang yang masing-masing mewakili sponsor, hotel, serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).
(T.KR-RY/M008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010