Kuala Lumpur (ANTARA News) - Putri tunggal maestro pelukis Affandi, Kartika Affandi, melakukan pameran lukisan solo di RA Fine Arts, Kuala Lumpur, Selasa malam, ini merupakan pameran kedua kalinya di Kuala Lumpur setelah tahun 1971.

Dubes RI untuk Malaysia Dai Bachtiar membuka pameran lukisan yang juga dihadiri Kartika Affandi, Selasa malam. Banyak pecinta lukisan Affandi, pecinta lukisan, pegiat seni dan para mahasiswa hadir memenuhi ruangan pameran itu.

"Sesak sekali di dalam hingga saya mau membeli lukisan pun terasa kurang nyaman," kata Faisal, warga Malaysia peminat lukisan.

Hadir juga Dubes Kuba Carlos A Amores dan istrinya ikut menikmati lukisan-lukisan Kartika Affandi. "Terima kasih sudah bersedia hadir," sapa Dubes Dai Bachtiar kepada koleganya.

Kartika Affandi sebelumnya memberikan workshop (pelatihan) kepada para pegiat seni dan mahasiswa seni Malaysia selama dua hari.

Dalam sambutannya, Kartika mengatakan,"Saya merasa senang bisa melakukan pameran lukisan di Kuala Lumpur. Sambutan hangat masyarakat Malaysia, saya merasa Malaysia sebagai rumah kedua bagi saya."

Tahun lalu, Kartika sempat membuat lukisan di Kampung Baru, suatu kawasan Melayu di tengah kota Kuala Lumpur atau dekat KLCC. Dia melukis di tengah kampung dan menjadi perhatian masyarakat sana, terutama anak-anak.

Seorang laki-laki tua dengan bangga menggunakan kaos berlukisan Affandi "Boeng, Ajo Boeng" suatu lukisan Affandi yang terkenal mengajak rakyat ikut berperang melawan Belanda. Ia tampak begitu bangga dengan kaos dan keluarga Affandi dan menunggu dengan setia untuk mendapatkan tanda tangan Kartika Affandi.

Kartika Affandi juga memberikan sebuah lukisan kepada KBRI Kuala Lumpur. Dubes Dai mengatakan, sangat senang dan bangga. Lukisan tersebut akan dipasang di KBRI.

Organiser pameran Raja Ahmad Aminullah mengatakan, bangga dapat menyelenggarakan pameran lukisan Kartika Affandi di Kuala Lumpur. "Dia merupakan pelukis yang punya nama di dunia," katanya. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009