KBRI Panama City adakan lomba menyanyi lagu Indonesia

KBRI Panama City adakan lomba menyanyi lagu Indonesia

Poster lomba menyanyi lagu Indonesia di Youtube untuk warga negara Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua yang diselenggarakan KBRI Panama City mulai Selasa (6/4/2021). ANTARA/HO-KBRI Panama City.

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Panama City mengadakan lomba menyanyi lagu Indonesia di Youtube untuk warga negara Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua yang dimulai pada Selasa (6/4).

Penyelenggaraan lomba menyanyi lagu Indonesia itu bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia serta menciptakan hubungan persahabatan antara masyarakat dari 4 negara tersebut dengan masyarakat Indonesia
melalui musik dan lagu, demikian disampaikan dalam keterangan KBRI Panama City yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Kami ingin masyarakat di negara akreditasi kami mengenal Indonesia secara positif, salah satunya melalui musik dan lagu. Saya yakin media musik dapat membuat masyarakat di negara akreditasi merasa dekat dengan Indonesia karena musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan berbagai bangsa," kata Duta Besar RI di Panama City, Sukmo Harsono, terkait penyelenggaraan lomba menyanyi tersebut.

"Disamping itu juga, masyarakat Indonesia yang melihat orang Panama, Kosta Rika, Honduras dan Nikaragua menyanyikan lagu-lagu kesukaan mereka tentunya akan memunculkan rasa dan nuansa persahabatan," ujar Sukmo.

Menurut dia, situasi pandemi COVID-19 saat ini tidak menjadi hambatan untuk menyelenggarakan lomba karena seluruh kegiatan dilakukan secara virtual melalui Youtube.

Melalui platform tersebut, masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia dapat menyaksikan bagaimana masyarakat dari empat negara di kawasan Amerika Tengah tersebut menyanyikan lagu-lagu populer dari
Indonesia.

Warga Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua dapat mengikuti lomba tersebut dengan menyanyikan dua lagu Indonesia, yakni satu lagu wajib -- Rayuan Pulau Kelapa dan satu lagu pilihan lainnya, serta mengunggah rekaman video menyanyi mereka ke akun Youtube masing-masing.

Video yang dibuat wajib diberi judul "Yo Canto en Indonesio – (nama peserta)" dan diberikan tagar #yocantoenindonesio. Kategori peserta lomba menyanyi lagu Indonesia itu dibagi dua, yaitu dewasa dan anak-anak.

Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di akun sosial media KBRI
@indonesiainpanamacity (Instagram), @Indonesian Embassy Panama City (Facebook), atau portal KBRI https://kem.lu/YoCantoEnIndonesio.

Pemenang akan dipilih sebanyak 8 orang dari Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua dengan rincian 2 orang (1 dewasa dan 1 anak-anak) dari masing-masing negara.

KBRI Panama City juga akan menyediakan hadiah bagi para pemenang lomba masing-masing berupa uang sebanyak 200 dolar AS (sekitar Rp2,9 juta) dan berbagai tanda mata serta produk khas Indonesia.

Dalam penyeleksian pemenang video peserta lomba, Dubes Sukmo Harsono akan menjadi juri bersama dua alumni beasiswa Indonesia, yakni alumni beasiswa Darmasiswa yang berprofesi sebagai seniman dan musisi dari Kosta Rika, Cristian Mejia dan pengajar kursus bahasa Spanyol–Indonesia dari Panama, Leysi Riquelme.

Pengiriman dan pendaftaran video lomba menyanyi akan ditutup pada 19 Mei 2021, dan pemenang lomba akan diumumkan melalui media sosial KBRI Panama City pada 31 Mei 2021.

Kegiatan lomba menyanyi lagu Indonesia ini diharapkan dapat menjadi sebuah terobosan untuk meningkatkan hubungan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Panama, Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua.

Baca juga: Dubes RI dan Walikota Bogor dorong ekspor produk Indonesia ke Panama
 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar