Padang (ANTARA News) - Acara debat terbuka lima pasangan calon gubernur/wakil gubernur (cagub/cawagub) Sumatera Barat (Sumbar) digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, di Padang, Rabu malam, diwarnai aksi unjukrasa mahasiswa.

Saat debat dilakukan, di luar ruangan sejumlah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Padang menggelar aksi unjuk rasa yang mengecam KPU selaku penyelenggara Pilkada Sumbar.

Koordinator Aksi HMI Padang, Andri Chaniago mengatakan, unjukrasa dilakukan sebagai bentuk protes terhadap KPU Sumbar yang dinilai tidak melakukan sosialisasi Pilkada secara menyeluruh kepada rakyat.

Menurut dia, sosialisasi Pilkada dilakukan KPU termasuk melalui lima kali debat terbuka para pasangan calon kurang menyentuh masyarakat selaku pemilih pada Pilkada nantinya.

Ia menilai, debat cagub yang digelar KPU belum mampu memberikan pendidikan politik bagi para pemilih, khususnya pemilih pemula dan lanjut usia.

Debat cagub justru menjadi tempat saling menjatuhkan antar kandidat sehingga menimbulkan kesan Pilkada jauh dari jargon "badunsanak" (kekeluargaan) yang didengung-dengungkan KPU, tambahnya.

Meski demikian, HMI Padang mengharapkan sebelum pemungutan suara tanggal 30 Juni 2010, masih ada waktu bagi KPU untuk lebih menggencarkan sosialisasi Pilkada secara menyeluruh kepada masyarakat Sumbar.

Aksi unjukrasa berlangsung tertib dan tidak mengganggu jalannya debat cagub yang disiarkan langsung oleh televisi tersebut.

Pilkada pemilihan gubernur/wakil gubernur 2010 akan diikuti lima pasangan calon yakni, pasangan Ediwarman-Husni Hadi dicalonkan 24 partai kecil tergabung dalam Koalisi Partai Maju Bersama.

Kemudian, pasangan Marlis Rahman-Aristo Munandar dicalonkan Partai Golkar, Fauzi Bahar-Yohannes Dahlan diusung koalisi Partai Amanat Nasional dengan Partai Persatuan Pembangunan.

Selanjutnya, pasangan Endang Irzal-Asrul Syukur dicalonkan Partai Demokrat didukung Partai Gerindra dan pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim yang didaftarkan Koalisi PKS dan Hanura.

Ke lima pasangan ini akan bertarung pada Pemilukada Sumbar 30 Juni 2010 yang digelar serentak dengan 13 Pemilukada di kabupaten/kota di provinsi ini meliputi pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman, Pasaman Barat, 50 Kota, Tanah Datar dan Sijunjung.

Kemudian pemilihan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan dan pemilihan Walikota/Wakil Walikota Bukittinggi serta Kota Solok. (H014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010