Samana, Pakistan (ANTARA News/Reuters) - Pasukan keamanan Pakistan menewaskan 24 gerilyawan, Rabu, dalam bentrokan yang meletus setelah gerilyawan menyerang sebuah pos pemeriksaan keamanan di daerah Orakzai di bagian baratlaut negara itu.

Kekerasan gerilyawan terus terjadi di Orakzai meskipun ada pengumuman militer awal bulan ini bahwa mereka telah mengalahkan gerilyawan Taliban di daerah itu, yang menyoroti tantangan yang militer Pakistan hadapi dalam memerangi gerilyawan.

"Gerilyawan menyerang pos pemeriksaan itu pada sekitar pukul 11 waktu setempat (pukul 13 WIB) dengan senjata ringan dan roket, yang memancing pembalasan dati pasukan keamanan yang menewaskan 24 gerilyawan," kata pejabat pemerintah Azhar Khan pada wartawan.

Tidak ada keterangan independen untuk memastikan jumlah korban tewas, yang sering diperselisihkan atau ditolak oleh gerilyawan.

Bentrokan Rabu, yang juga menewaskan seorang tentara paramiliter dan melukai sembilan lainnya, terjadi di kubu pertahanan gerilyawan Djabori yang telah direbut oleh pasukan keamanan bulan lalu.

Enamratus lebih gerilyawan dan sekitar 24 personel keamanan telah tewas dalam pertempuran selama sebulan teakhir di Orakzai, salah satu pangkalan besar Taliban Pakistan, yang memerangi negara Pakisan dan pasukan koalisi di Afghanistan.

Tentara Pakistan telah melancarkan dua serangan besar di lembah Swat dan di benteng pertahanan gerilyawan Waziristan Selatan di perbatasan Afghanistan tahun lalu untuk membasmi gerilyawan terkait Al Qaida yang ingin menerapkan aturan Islam yang keras di negara bersenjata nuklir itu. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010