Padang (ANTARA News) - DPRD dan Pemerintah Kota Padang mengalokasikan dana Rp2,95 miliar dalam APBD 2010 untuk membiayai program peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan lainnya.

Dana itu akan digunakan untuk pelaksanaan 13 kegiatan yang terkait dengan upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan, kata Ketua DPRD Padang, Zulherman di Padang, Jumat.

Ke 13 kegiatan itu, katanya, meliputi pengembangan mutu dan kualitas program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga pendidikan lainnya yang dilaksanakan dengan anggaran Rp60 juta.

Kemudian, kata Zulherman, kegiatan pelaksanaan sekolah bertaraf internasional dengan anggaran Rp60 juta, penyediaan fasilitas kesejahteraan guru tidak tetap dengan biaya Rp1,77 miliar, kegiatan penilaian angka kredit jabatan fungsional guru, pamong belajar dan pengawas sekolah dengan biaya Rp114,45 juta.

Selanjutnya, kegiatan lomba kepala sekolah, pengawas sekolah dan siswa berprestasi yang dilaksanakan dengan dana Rp74,52 juta, lalu workshop pengawasan dan optimalisasi pengawasan pendidikan dengan anggaran kegiatan Rp77,97 juta.

Kegiatan lain dibiayai dana program peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan ini adalah, sertifikasi guru dengan anggaran Rp99,97 juta, penerimaan siswa baru dengan sistem online dibiayai Rp498,38 juta dan kegiatan peringatan Hardiknas tingkat kota Padang Rp19,99 juta.

Program ini juga dialokasikan untuk kegiatan pengelolaan dana operasional sekolah (BOS) reguler dan daerah sebanyak Rp94,32 juta dan pelaksanaan magang guru-guru SMA sekolah bertaraf internasional di Surabaya disediakan dana Rp5,37 juta, katanya.

Ia mengatakan, kegiatan lain, seleksi seni dan budaya SD tingkat nasional disediakan anggaran Rp21,95 juta dan seleksi yang sama untuk tingkat SMP dengan dana kegiatan Rp49,42 juta. (H014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010