New Delhi (ANTARA News) - India, Jumat, setuju membebaskan empat warga Pakistan yang ditahan sehari menjelang perundingan di Islamabad antara para menteri dalam negeri negara-negara Asia Selatan, kata sebuah pernyataan pemerintah.

Menteri Dalam Negeri P.Chidambaram "sebagai isyarat niat baik" menyetujui pembebasan empat warga Pakistan yang ditahan di negara bagian Gujarat, India barat.

"Para tahanan ini akan dipulangkan dari perbatasan Attari 30 Juni dan diserahkan kepada pasukan perbatasan Pakistan," kata kementerian dalam negeri dikutip AFP.

Chidambaram menurut rencana akan terbang ke Pakistan Jumat petang untuk menghadiri konferensi para menteri dalam negeri dari Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan (SAARC) yang beranggotakan delapan negara itu, Sabtu.

Chidambaram akan bertemu dengan sejawat Pakistannya Rehman Malik di sela-sela konferensi itu dan kemungkinan akan mendesak lagi tindakan terhadap para dalang serangan-serangan di Mumbai, India tahun 2008.

Pria-pria bersenjata yang menyerang Mumbai itu datang dari Pakistan, kata pihak intelijen India dan Amerika Serikat, dan India menegaskan bahwa Islamabad tidak cukup banyak berbuat untuk menghukum para dalang serangan itu.

Pertemuan para menteri dalam negeri itu adalah yang terbaru dalam serangkaian perundingan tingkat pejabat tinggi antara kedua pihak yang bertujuan menghidupkan kembali dialog perdamaian yang macet itu.

Pakistan juga membebaskan 17 tahanan India awal pekan ini sebagai satu "isyarat niat baik" menjelang satu pertemuan antara para pejabat tinggi kementerian luar negeri dari kedua negara, Kamis.

Ratusan warga India dan Pakistan berada dalam penjara-penjara di kedua negara atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata atau masuk tanpa izin.

Kedua negara Asia Selatan itu pernah terlibat tiga kali perang sejak merdeka dari Inggris tahun 1947.

(H-RN/M043/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010