Jakarta (ANTARA News) - Jauh sebelum menjadi salah satu pencipta hit terkonsisten pada 1970an dan sebelum dbermain di Chicago sebagai gitaris blues yang main bareng dengan Muddy Waters dan Howlin' Wolf pada pertengahan 1960, Steve Miller adalah si kurus dari Texas yang terobsesi dengan blues.

"Sebelum radio menjadi homogen, saya selalu mendengar Junior Parker dan Bobby 'Blue' Bland. Saya punya band SMP dan jika Anda tidak bisa memainkan lagu-lagu itu, maka Anda nggak bakalan dapat pekerjaan."

Empat puluh lima tahun kemudian, ketika ia mulai mengumpulkan daftar lagu untuk album blues barunya yang bersampul Bingo!, dia menemukan banyak bahan yang menarik untuk dibuat.

"Album ini seperti kumpulam hits terbaik yang muncul dalam periode itu," katanya.

Sebelum merekam BINGO! dua tahun lalu, Miller ragu meluncurkan rilis barunya. Disc terakhirnya, Wide River 1993 gagal, dan dia agak enggan untuk meneruskannya.

"Saya memiliki momen mengesankan selama tur bermusik dan bemain musik," ujarnya.

Dua tahun lalu, dia sukses menggelar konser di Fillmore, San Francisco, di mana saat itu dia tampil bareng dengan penyanyi country Bonnie Raitt, "dewa gitar" Joe Satriani and Robben Ford.

Ketimbang hanyut dalam hits lamanya yang mengalami kegagalan, Miller dan teman-temannya membanting stir dengan bermain blues. Andy Johns, sang legenda produser Exile on Main Street dan Led Zeppelin IV, kemudian terpesona dibuatnya.

"Dia terus mendesakku. Dia berkata, 'Hai bro, sebelum mati, aku mau rekaman blues denganmu. Saya jawab, 'Saya tidak merekam blues."

John menyakinkannya untuk mencobanya, dan setelah 11 hari mereka membuang 42 lagu yang kebanyakan diangkat dari masa kecil Miller.

"Saya memainkan lagu Jessie Hill, 'Ooh Poo Doo,' lagi Jimmy Reed 'You Got Me Dizzy' dan 'Ain't That Lovin' You Baby' sewaktu SMP,"katanya.

Kini, Miller memukau khalayak musim panas ini, di mana dia berencana memainkan banyak lagu dari albumnya, BINGO!.

"Ada 14 lagu yang sangat ingin didengarkan oleh penggemarku seperti 'Fly Like an Eagle' dan 'Take the Money and Run," katanya,

Dia menuliskan lagunya sendiri, tapi dia ragu itu semua bisa dirilis. "Orang tidak nyaman dalam mendengar saya menulis nada yang asli," kata Miller.

"Saya munkin yakin bisa mengerjakan 15 lagu, tetapi itu semua tidak akan sebagus "Space Cowboys.' Apa yang saya lakukan sekarang dengan BINGO ! tentunya apa yang saya inginkan di dalam hidup saya," pungkas Steve Miller. (*)

Rolling Stone/Adam/Jafar

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010