Moskow (ANTARA News) - Pasukan keamanan Rusia telah menewaskan seorang gerilyawan terkemuka di wilayah selatan Dagestan yang bergolak, kata seorang pejabat Sabtu, pada saat serangan baru mematikan menghantam Kaukasus Utara.

Dzhamaluddin Dzhavatov, 41 tahun, tewas dalam operasi khusus yang dilakukan pasukan keamanan di Dagestan, kata wakil menteri dalam negeri wilayah itu, Magomed Ismailov, menurut kantor-kantor berita Rusia layaknya dikutip AFP.

Dia adalah kepala kelompok gerilyawan lokal dan orang yang masuk daftar paling dicari berkaitan serangan-serangan mematikan terhadap pasukan keamanan di wilayah itu, kata pejabat itu menambahkan.

Penguasa lokal pro-Kremlin di Dagestan dan wilayah-wilayah Kaukasus Utara lainnya sedang berjuang untuk mengalahkan pemberontakan kelompok Islamis yang telah menewaskan sejumlah warga sipil dan polisi.

Dalam kerusuhan terakhir Sabtu, seorang pengusaha setempat tewas di desa Chontoul di Dagestan, karena bom yang meledak pada saat dia melaju dengan mobilnya, kata kantor berita Interfax mengutip para pejabat lokal.

Sementara itu, di wilayah Kaukasus Utara lainnya, Ingushetia, seorang polisi tewas karena ledakan bom dengan cara serupa. Bom tersebut meledak pada saat mobil polisi itu lewat, kata Interfax.
(Uu.H-AK/M043/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010