Saya berharap bandara ini sekarang menyandang nama almarhum Pak Taufiq Kiemas, maka bandara ini turut berperan dalam menjaga semangat kebangsaan dari Almarhum
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan perubahan nama Bandar Udara Pekonserai menjadi Bandar Udara Muhammad Taufiq Kiemas di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Sabtu.

"Sebagai anak dari almarhum Pak Taufiq Kiemas, saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengusulkan dan mendukung sehingga nama orang tua kami disematkan menjadi nama bandara ini," kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Puan berharap operasional bandara itu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Puan lalu mengungkapkan pepatah bahwa ketika manusia dipanggil oleh Allah SWT Yang Maha Kuasa, maka dia akan meninggalkan “nama”-nya di bumi.

"Alhamdulillah nama Pak Taufiq Kiemas yang beliau tinggalkan adalah nama yang harum, nama yang dihormati, nama yang membanggakan bagi kami keluarganya maupun bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Puan menuturkan, Taufiq Kiemas adalah mantan Ketua MPR RI dan dikenal sebagai negarawan yang gigih menjaga konstitusi Indonesia dan bisa menyatukan semua elemen bangsa.

Dia melanjutkan, Taufiq Kiemas juga terus mengedepankan kerukunan bangsa dan selalu mengingatkan pentingnya menjaga dan menerapkan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bineka Tunggal Ika.

"Saya berharap bandara ini sekarang menyandang nama almarhum Pak Taufiq Kiemas, maka bandara ini turut berperan dalam menjaga semangat kebangsaan dari Almarhum," ungkap Puan.

Baca juga: Puan: DPR buka partisipasi publik bahas RUU prioritas

Baca juga: Puan: Cegah paham ancam NKRI tugas bersama


Semangat kebangsaan lain dari Pak Taufiq Kiemas, kata Puan, adalah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu dia harap dapat terwujud melalui bandara yang baru diresmikan pergantian namanya itu.

Karena itu, Puan berpesan agar Bandara Muhammad Taufiq Kiemas dijaga kebersihannya, dijaga operasional-nya, sehingga bisa terus menjadi kebanggaan semua.

"Karena Bandara ini menjadi salah satu pintu gerbang utama untuk orang datang ke Pesisir Barat. Memudahkan wisatawan datang ke sini, dan akan menggerakkan ekonomi lokal serta membangkitkan UMKM," tutur-nya.

Sebelum meresmikan Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Puan mengunjungi beberapa sekolah di Kabupaten Pesisir Barat. Salah satunya adalah SDN 2 Way Haru, Dusun Sukamaju, Desa Way Haru, Kecamatan Krui. Di desa yang terletak di wilayah Tambling Wildlife Nature Conservation itu, Puan disambut ratusan warga serta siswa sekolah dengan tarian dan lagu selamat datang.

Di sekolah itu, Puan memberikan bantuan seragam sekolah dan sepatu untuk para siswa. Puan berpesan pada para siswa agar rajin belajar dan berani bercita-cita tinggi.

Para siswa menyampaikan terima kasih dan mendoakan Puan sukses menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR.

Lalu pada perjalanan dari sekolah ke bandara, Puan juga menemui beberapa warga yang sedang beraktivitas di depan rumah. Dia berbincang dan mendengar keluh kesah para warga, lalu membagikan makanan kecil pada anak-anak yang ditemui di lokasi tersebut.

Baca juga: Puan minta pemerintah maksimal cari korban banjir di NTT

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021