Toronto (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memperbarui komitmennya untuk berkunjung ke Indonesia setelah sebelumnya dua kali membatalkan rencana lawatannya karena sejumlah masalah dalam negeri yang harus diselesaikannya.

Hal tersebut disampaikan Obama saat bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sebuah acara sarapan pagi bersama yang berlangsung di salah satu ruangan pertemuan bilateral Metro Toronto Convention Center (MTCC), Toronto, Minggu pagi.

Obama yang memulai pertemuan dengan mengucapkan "good morning-selamat pagi" menyatakan bahwa Presiden Yudhoyono merupakan tokoh penting dan berpengaruh khususnya dalam penanganan perubahan iklim.

Ia kemudian mengatakan bahwa telah dua kali membatalkan kunjungannya ke Indonesia karena masalah dalam negeri dan berjanji akan datang ke negara tempat ia pernah melewatkan masa kecilnya. Namun demikian, ia tidak menyebutkan dengan pasti waktu kunjungannya.

Presiden Yudhoyono saat bertemu Obama didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa dan staf khusus presiden bidang luar negeri Dino Pati Djalal.

Media massa hanya meliputi awal pertemuan kedua pemimpin selama tiga menit selanjutnya kedua pemimpin negara melanjutkan pembicaraan mereka secara tertutup. Pertemuan dimulai pada pukul 08.20 waktu Toronto atau pukul 19.20 WIB.
(P008/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010