Jayapura (ANTARA News) - Universitas Teknologi Eindhoven (TU/e), Belanda mendukung pengembangan teknologi sel surya sebagai sumber energi terbarukan di Papua yang cukup potensial.

"Pengembangan teknologi ini dilakukan melalui program kerja sama universitas antara Eindhoven dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) melalui berbagai pelatihan, penelitian, kursus serta program pendidikan lainnya," kata Manajer Proyek TU/e, Mara Wijnker di Jayapura, Senin.

Dia mengatakan, Eindhoven merupakan mitra kerja untuk program kerja sama universitas yang ditunjuk Kedutaan Besar Belanda di Indonesia dalam mengimplementasikan pengembangan energi terbarukan di sejumlah daerah melalui proyek Capacity development and strengthening for energy policy formulation and implementation of sustainable energy projects in Indonesia (CASINDO).

Mara mengatakan, melalui kerja sama tersebut Uncen sebagai perguruan tinggi yang terlibat dalam kegiatan CASINDO melaksanakan berbagai program yang bertujuan menghasilkan sumber daya manusia di bidang energi terbarukan.

"Kita bekerja sama dalam melakukan pelatihan energi terbarukan untuk para dosen dan teknisi, kuliah umum bagi para mahasiswa, bersama-sama mengembangkan penelitian mengenai energi berkelanjutan dan kegiatan lainnya," ujar Mara.

Berkaitan dengan pengembangan teknologi sel surya, Uncen dan TU/e telah melakukan pelatihan bagi para dosen dan teknisi serta kuliah umum bagi para mahasiswa khususnya Jurusan Teknik Elektro beberapa waktu lalu.

Selain itu dalam waktu dekat akan dilakukan penelitian bersama antara Uncen dengan TU/e mengenai teknologi yang memanfaatkan tenaga matahari tersebut.

Adapun kegiatan lainnya adalah melaksanakan proyek rintisan sel surya di suatu kampung yang belum terlistriki untuk mengoptimalkan penerapan teknologi yang berpihak kepada masyarakat kurang mampu.

CASINDO yang akan berjalan mulai 2009 hingga 2011 ini merupakan kelanjutan dari proyek Contributing to poverty allevation through regional energy planning in Indonesia (CAREPI) yang telah berakhir pada 2008.

CASINDO bertujuan membangun dan memperkuat sumber daya manusia di tingkat nasional maupun daerah agar provinsi yang terlibat mampu menyusun kebijakan energi yang baik serta mengembangkan dan menerapkan proyek-proyek energi terbarukan. (LWA/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010