Bandarlampung (ANTARA News) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bandarlampung yang diikuti enam pasangan calon digelar, dilaksanakan hari ini.

Anggota KPU Kota Bandarlampung, Fauzi Heri, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan, Keenam pasangan calon yang bertarung memperebutkan kursi walikota dan wakil walikota itu masing-masing Sauki Shobier-Syamsul Rizal (independen), Herman HN-Thabroni Harun (PDIP dan koalisi 20 partai kecil), Kherlani-Heru Sambodo (Golkar, PKB, Hanura),

Kemudian, Eddy Sutrisno-Hantoni Hasan (Partai Demokrat, PKS, Gerindra, PPP dan PAN,PKPB, PDK, PDS, PKDI dan PMDI), Dhomiril Hakim-Sugiyanto (independen) dan Nurdiono-Dian Kurnia Laratte (independen).

Anggota KPU Kota Bandarlampung itu mengatakan, persiapan pilkada terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung beserta jajarannya hingga tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga menjelang pemungutan suara.

"Distribusi logistik berupa kotak suara dan kertas suara serta peralatan lainnya telah dilakukan ke sejumlah TPS," kata dia.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah mengecek kesiapan TPS untuk menggelar pemungutan suara. Pilkada Kota Bandarlampung yang diiukuti enam pasangan calon itu memperebutkan 643.653 suara yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Sementara, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sejak Selasa (29/6) telah mempersiapkan peralatan di tempat pemungutan suara.

Para petugas itu sibuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk pemungutan suara.

Salah seorang anggota KPPS di TPS 23 Beringin Raya, Kemiling, Bandarlampung, Apriyanto, mengatakan, pemasangan tarup, menyusun kursi dan meja serta peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk hari pemungutan suara telah disiapkan.

"Hingga hari ini segala sesuatunya telah disiapkan untuk pencoblosan, termasuk logistik kertas suara dan kotak suara," kata dia.

Selain anggota KPPS, anggota perlindungan masyarakat (Linmas) dan polisi juga akan berada di TPS untuk menjaga keamanan.

Ia menyebutkan, pemilih yang masuk DPT di TPS 23 berjumlah 395 jiwa. "Pilkada harus berlangsung sukses karena itu segala sesuatunya perlu dipersiapkan termasuk di TPS," kata dia menambahkan.
(A054/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010