Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Indonesia menggelar pelatihan singkat pengoperasian Microsoft Office 2010 bagi insan media melalui acara bertajuk "Media IT Day" di Gedung Chase Plasa Jakarta, Rabu.

"Kami ingin berbagi pengalaman dalam acara tahunan ini khususnya untuk penggunaan Microsoft Office 2010 dengan insan media," kata Product Marketing Manager Microsoft Indonesia Haswar Hafid yang juga menjadi tutor dalam acara itu.

Hafidz mengatakan, ada tiga hal yang mampu menjawab kebutuhan pengguna Office saat ini yaitu penggunaan untuk kerja bersama lebih mudah, bring ideas to life, dan penggunaan yang mudah dan bisa dimana pun serta terintegrasi dengan browser web (penjelajah web) di telepon pintar dan personal computer (PC).

Acara yang di gelar setiap tahun oleh Microsoft Indonesia ini memberikan pengetahuan seputar pengalaman menggunakan fitur mutakhir piranti lunak Office 2010 yaitu Microsoft Word, Excel, Powerpoint, Outlook dan One Note.

Ketika ANTARANews mencoba pertama kali aplikasi Office Word 2010 dari sisi tampilan memang tidak jauh berbeda dengan versi Office 2007, namun ada fitur baru bernama navigation pane yang cukup mengesankan yang berfungsi untuk mengetahui detil sebuah dokumen yang panjang seperti ketika membuat buku atau skripsi.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan bab, mencari kata, halaman dengan cepat dan mudah dengan cara membuat setting-nya di style & formatting pada ribbon.

Sementara itu untuk aplikasi Excel dalam mengolah data angka yang berhubungan dengan diagram garis kini para pengguna dimudahkan dengan kehadiran fitur Sparkline yang berguna untuk memilah garis dalam diagram dan ditampilkan satu per satu dalam lembar kerja Excel untuk mengetahui tren atau kencenderungan sebuah data naik atau turun.

Sedangkan aplikasi Powerpoint 2010 dalam hal merancang sebuah presentasi, pengguna kini lebih dimudahkan dengan kehadiran fitur yang lebih kaya, dimana pengguna tidak hanya bisa menyisipkan gambar dan video tetapi juga bisa mengeditnya secara langsung.

Selain juga tersedia fitur effect option yang menghasilkan efek transisi yang lebih indah.

Dengan meningkatnya aktivitas online pengguna yang semakin tinggi, Office 2010 juga memiliki fungsi andalan melalui Office web Apps yang mampu membuka aplikasi Microsoft Office 2010 serta melakukan editing dokumen, menyimpan dan membaginya melalui jejaring sosial secara online.

Berbagai dokumen itu bisa dilakukan menggunakan browser di smartphone maupun yang ada di PC dengan menggunakan akun windows live untuk pengguna personal dan Share point server yang terpasang plug-ins share web apps untuk pengguna korporat.

(Yud/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010