Moskow (ANTARA News) - Vladimir Klitschko akan mempertahankan gelar kelas berat dunia IBF melawan penantangnya dari Rusia Alexander Povetkin pada September, demikian dikatakan juara dunia tiga kali tersebut pada Rabu.

"Saya sangat senang ada penantang dan kami bakal bertarung," kata petinju asal Ukraina pemegang gelar IBF, WBO dan IBO itu dalam laman resmi (www.klitschko.com), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Keputusan Klitschko untuk bertarung melawan penantang nomor satu takterkalahkan IBF Povetkin berarti rencana pertarungannya melawan juara WBA asal Inggris David Haye harus ditunda hingga tahun depan.

Povetkin memiliki rekor bertanding tanpa kekalahan 19-0 termasuk menang KO 14, sedangkan Klitschko memiliki rekor 54 kali menang termasuk 28 menang KO dan tiga kali kalah.

Tim Klitschko mengalahkan promotors Povetkin untuk merebut hak sebagai tuan rumah pertarungan. Mereka memenangi tawaran senilai 8.313 juta dolar AS, lebih besar 4,25 juta dolar AS daripada yang ditawarkan oleh tim Povetkin, kata Klitschko yang bermarkas di Jerman.

Tempat dan tanggal pertandingan akan diumumkan oleh grup manajemen Klitschko pada tiga pekan mendatang, tambahnya.

Commerzbank Arena di Frankfurt, Jerman yang memiliki 55.000 tempat duduk yang biasa dipakai untuk pertandingan klub Bundesliga Enitracht Frankfurt, sedang dipertimbangkan untuk menjadi tempat pertarungan.

Bulan lalu saudara muda Vladimir yaitu Vitali meng-KO penantangnya asal Polandia Albert Sosnowski di stadion sepakbola Schalke 04 di Gelsenkirchen, Jerman, untuk mempertahankan gelar kelas berat WBC.
(A020/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010