Batang (ANTARA News) - Juminah (32), tenaga kerja wanita asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meninggal dunia di negara tempatnya bekerja, Malaysia, karena sakit yang dideritanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Batang, Kusumastuti,  Kamis mengatakan, Juminah tercatat sebagai warga Dukuh Bengkal, Desa Harjowinangun Timur, Kecamatan Tersono.

"Juminah meninggal dunia di Malaysia karena sakit, dan jenazahnya sudah diberangkatkan dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju rumah duka, Kamis sore," katanya.

Ia mengatakan TKW asal Desa Harjonwinangun ini berangkat ke Malaysia melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Ceger Sari Buana, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

"Setelah tiba di rumah duka, jenazah langsung disalatkan dan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) setempat," katanya.

Dengan meninggalnya TKW itu, menurut dia, PJTKI dan majikan Juminah di Malaysia telah menyatakan bertanggung jawab atas gaji yang belum terbayar dan menanggung biaya pemulangan jenazah.

"Yang jelas, asuransi dan gaji yang masih tersisa dan pemulangan jenazah sudah tidak ada masalah," katanya menegaskan.

Suasana haru dan isak tangis keluarga almarhumah mewarnai kedatangan ambulans yang membawa jenazah TKW itu saat tiba di rumah duka.

Setelah beberapa saat singgah di rumah duka, jenazah langsung disalatkan dan dimakamkan di TPU Desa Harjowinangun karena waktu menjelang petang.

(U.KR-KTD/D007/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010