Jakarta (ANTARA) - Presiden Serie A selaku operator kompetisi kasta tertinggi Liga Italia, Paolo Dal Pino, menginginkan pertandingan di liga mereka juga boleh dihadiri penonton, menyusul keputusan diizinkannya stadion diisi untuk pertandingan EURO 2020 di Italia pada Juni-Juli nanti.

Federasi sepak bola Italia, FIGC, pada Selasa mengkonfirmasi pemerintah setempat mengizinkan penonton untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan EURO 2020 yang akan digelar di Stadion Olimpico, musim panas mendatang.

Penonton diperbolehkan mengisi 25 persen dari total kapasitas 70 ribu Stadion Olimpico, yang akan menjadi lokasi tiga pertandingan timnas Italia dalam fase penyisihan Grup A serta satu laga perempat final EURO 2020.

Baca juga: Italia gelar Piala Eropa 2020 dengan 25 persen penonton di stadion

Oleh karena itu, Dal Pino meminta pemerintah juga mengizinkan pertandingan Liga Italia dalam beberapa pekan mendatang hingga akhir musim dihadiri sekurang-kurangnya 1.000 penonton di tiap laga.

"Saya menyambut baik keputusan pemerintah. Serie A sudah menyiapkan protokol ketat selama setahun terakhir agar publik bisa hadir lagi ke stadion, dengan keselamatan dan pengamanan penuh bagi penonton, dengan prosentase yang berangsur-angsur naik," kata Dal Pino dalam keterangan yang dilansir Reuters, Rabu.

"Kami berharap dalam beberapa pekan ke depan bisa menyambut kembali setidaknya 1.000 penonton ke stadion, setara dengan jumlah yang pernah diizinkan awal musim ini, sembari menerapkan praktik jaga jarak memadai di luar ruangan.

"Dengan memantau perkembangan situasi pandemi, tingkat infeksi dan angka vaksinasi, saya cukup optimistis pekan penutup Serie A bisa dihadiri dengan kapasitas penonton setara yang diizinkan untuk EURO 2020," ujarnya menambahkan.

Baca juga: September nanti Italia bolehkan lagi penonton masuk stadion

Di Italia, tingkat kematian akibat COVID-19 mencapai 115.088 jiwa, kedua terbanyak di Eropa setelah Britania Raya.

Negara itu hingga hari ini melaporkan 3,79 juta orang pernah atau sedang tertular COVID-19.

Baca juga: Delapan kota tuan rumah Euro 2020 perbolehkan kehadiran penonton
Baca juga: Menang di Benevento, Sassuolo dekati lagi zona Eropa
Baca juga: Ibrahimovic bikin gaduh lagi, diduga langgar protokol kesehatan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021