Yogyakarta (ANTARA) News - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Amien Rais menuangkan perjalanan hidupnya dalam sebuah buku autobiografi berjudul "Amien Rais, Inilah Jalan Hidup Saya".

"Buku itu adalah rekaman atas perjalanan dan pengalaman hidup saya selama ini, sekaligus monumen bagi peran saya dalam pentas Indonesia," kata Amien Rais pada peluncuran buku karyanya tersebut di gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, buku itu menceritakan banyak episode dalam kehidupannya yang selama ini luput dari media massa. Episode itu mulai dari kehidupan intelektual, keluarga, organisasi, politik, ekonomi hingga persoalan sosial keagamaan.

Pemimpin Redaksi Penerbit Insan Madani M Zaid Su`di mengatakan, buku itu "original" yang dituturkan secara langsung oleh Amien Rais. Buku itu merupakan buku pertama Amien Rais yang dituturkannya tanpa dibumbui opini dari pihak lain.

Buku itu, menurut dia, mencerminkan ketulusan dan ketabahan Amien Rais pada jalur perjuangannya baik sebagai imam di tengah keluarga, organisasi atau lembaga, guru besar maupun bangsa dan negara.

Ia mengatakan, autobiografi itu bukan sekadar bentuk rekaman awal perjalanan hidup Penasihat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tersebut hingga terminal akhir dari pengabdiannya.

Di sisi lain, berbagai hal yang berkaitan dengan pemikiran, konsep kepemimpinan, dan berbagai peristiwa yang tidak tercatat dalam sejarah perjalanan reformasi yang pernah dinahkodainya dipaparkan secara lugas, penuh makna, dan memberikan inspirasi bagi kemajuan bangsa.

"Bertepatan dengan momentum seabad Muhammadiyah, karya terbaru Amien Rais yang dirilis dalam buku autobiografi itu diluncurkan kepada publik. Buku itu tidak hanya untuk warga Muhammadiyah, tetapi juga dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia," katanya.(*)
(U.B015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010