Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel menargetkan menggandeng sebanyak 1.000 perusahaan "content provider" atau penyedia konten pada 2011, meningkat dari sebanyak 500 perusahaan pada 2010.

"Tahun depan jumlah penyedia konten untuk Telkomsel diperkirakan bertambah dua kali lipat dari saat ini," kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono usai penyerahan tiga rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk program "Telkomsel Ibadah", di Jakarta, Jumat.

Menurut Herfini, Telkomsel terus mengembangkan layanan konten sejalan dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan terhadap fitur-fitur baru layanan.

Ia berpendapat, semakin banyak jumlah "content provider" (CP) maka semakin banyak pula konten yang bisa disajikan kepada masyarakat.

"Kontribusi pendapatan dari konten dan layanan data saat ini masih berkisar tujuh persen terhadap total pendapatan. Selebihnya, adalah layanan suara (voice) dan pesan singkat (SMS)," katanya.

Ia mengatakan, sejumlah dari fitur konten yang saat ini terbesar adalah Nada Sambung Pribadi, Ring Tone, Wall Paper, Langit Musik yang menyediakan lagu-lagu untuk diunduh.

Menurut Herfini, selain konten hiburan, pelanggan seluler Telkomsel juga tertarik dengan konten bersifat religi.

Dari sebanyak 86 juta pelanggan Telkomsel, 50 juta di antaranya merupakan pengguna konten keagamaan.

"Lebih dari setengah pelanggan sering mengunduh fitur religi terutama saat hari-hari besar keagamaan," ujarnya.(*)
(T.R017/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010