Surabaya (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan membuka Pekan Olahraga dan Kesenian antar-Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) V di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (5/7).

"Pekan olahraga dan kesenian dua tahunan ini biasanya dibuka oleh menteri. Ini merupakan suatu kebanggaaan dan kehormatan karena baru kali ini dibuka Wapres," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timut, Rasiyo, di Surabaya, Sabtu.

Ajang tersebut akan berlangsung pada 5-11 Juli 2010. Acara pembukaan nanti diperkirakan melibatkan sekitar 30 ribu santri dan mereka akan menyuguhkan atraksi dan konfigurasi seni.

Wapres sendiri akan datang ke Sidoarjo dengan rombongan beranggotakan 44 orang.

Dalam rombongan itu terdapat lima menteri yang terlibat penyelenggaraan Pospenas, yakni Menteri Agama, Menteri Pendidikan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

"Kami sebagai tuan rumah mencanangkan Tri Sukses dalam kegiatan ini seperti yang pernah dicanangkan oleh Bapak Imam Utomo (mantan Gubernur Jatim) pada penyelenggaraan PON. Selain sukses penyelenggaraan, juga sukses berprestasi dalam setiap lomba dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Didampingi Kadispora Jatim, Ali Sa`roni dan Kakanwil Kemenag Jatim, Imam Haromain Asyari, Rasiyo menyebutkan ada 12 cabang olah raga yang dipertandingkan, mulai dari atletik, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, karate, pencak silat, sepak bola, catur, sepak takraw, senam santri, renang, dan bola basket.

Selain itu, ada pula cabang seni yang dilombakan, di antaranya qasidah, kaligrafi, pidato, baca puisi, cipta puisi, fragmen Islami, dan kerajinan.

Sebagai tuan rumah yang belum merasakan juara umum dalam lima kali penyelenggaraan Pospenas, Rasiyo berharap kesempatan sebagai tuan rumah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh atlet-atlet dari Jatim.

Kontingen Jatim berkekuatan 160 atlet yang tampil di 12 cabang olah raga dan 283 pelajar yang turun di nomor kesenian.

(T.M038/A008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010