Karawang (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan padat terjadi di sejumlah titik di ruas jalur Pantura Kawarang-Subang, Jabar arah Jateng, Sabtu, bahkan sempat macet panjang karena adanya perbaikan jalan dan jembatan.

Kemacetan antara lain terjadi di ruas Pangulah, Jatisari, Sukamandi, dan Ciasem karena di jalur itu ada sejumlah jembatan yang tengah diperbaiki, wartawan ANTARA melaporkan.

Perbaikan jalan di ruas Ciasem sepanjang sekitar 1 kilometer juga menjadi penyebab kemacetan.

Lalu lintas kendaraan di ruas tersebut hanya menggunakan satu jalur untuk arus bolak-balik sehingga lalu lintas padat tidak bisa dihindari. Kendaraan dari arus berlawanan pun harus bergantian untu melintas.

Edo (42), seorang pengemudi bus jurusan Jakarta-Kuningan mengatakan, perbaikan jalan di jalur Pantura Ciasem itu sudah berlangsung lebih dari sebulan. Selama perbaikan jalan tersebut, kemacetan tidak bisa dihindari.

"Terpaksa harus sabar saat melewati jalan yang sedang diperbaiki. Jalur alternatif memang ada, tetapi kalau melewati jalur alternatif itu, susah mendapat penumpang," katanya di Subang.

Sejumlah jalur alternatif yang bisa digunakan pengemudi menghindari kemacetan antara lain Ciasem melewati Pamanukan-Subang-Kalijati-Sadang. Selanjutnya bisa melalui gerbang Tol Sadang untuk tujuan Jakarta dan sekitarnya.

(KR-MAK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010