Batik tulis "ready to wear" hiasi panggung MUFFEST 2021

Batik tulis "ready to wear" hiasi panggung MUFFEST 2021

Koleksi TUTYADIB dalam gelaran MUFFEST 2021. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan MUFFEST tahun ini menghadirkan kolaborasi Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPW) Solo dengan rumah mode sekaligus desainer lokal TUTYADIB (Tuty Adib), untuk mengangkat keindahan batik tulis karya pengrajin batik Adibusana yang merupakan UMKM binaan dari Bank Indonesia KPW Solo.

Melalui keterangan yang diterima ANTARA, Kamis, TUTYADIB mengangkat busana muslim ready to wear berbalut keindahan batik tulis karena sejalan dengan semangat peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup. Batik yang dipilih pun adalah batik yang diproses dengan pewarnaan alam.

Pada MUFFEST 2021 kali ini, TUTYADIB akan menampilkan masing-masing enam busana muslim ready to wear deluxe dalam acara Opening Show di tanggal 9 April 2021 dan Closing Show di tanggal 11 April 2021.

Baca juga: MUFFEST 2021 berlangsung secara hybrid 18-28 Maret

Tema "KERSEN" menjadi tema dalam Opening Show. Pewarnaan alam dari daun kersen atau biasa disebut masyarakat Jawa disebut daun pohon talok ini dilakukan dengan proses pencelupan yang berulang-ulang, sehingga pewarnaan alam kersen ini menghasilkan warna kuning "corn" yang unik.
Koleksi TUTYADIB dalam gelaran MUFFEST 2021. (ANTARA/HO)


Perpaduan warna kuning corn, putih, dan coklat kekuningan menjadikan koleksi ini tampil anggun dan elegan. Dipermanis dengan detail sematan mote "sand" warna putih menjadikan motif batik tampak lebih hidup.

Pada Closing Show mengambil tema "DESIR". TUTYADIB mengeluarkan koleksi busana muslim berbahan batik tulis dengan teknik pewarnaan alam dari tanaman magrove mulai dari daun, batang, dan bunganya. Ketiganya bisa menghasilkan beberapa pastel yang kemudian di pakai untuk mewarnai coletan pada batik tulis ini.

Perpaduan warna hijau mint, lilac pastel, putih, abu, dan salem peach membuat koleksi tampil fresh dan muda. Kombinasi batik tulis, brokat putih, linen, katun bordir, dan katun mewarnai koleksi ini.

Dengan Konsep ready to wear deluxe dengan padu-padan outer, skirt, blouse dan gaun panjang menjadi pilihan pada koleksi kali ini. Desain outer yang bervariasi menjadi pilihan dan inspirasi bagi muslimah muda aktif ketika ingin tampil beda.

Baca juga: BLK Kendari tampilkan 12 busana tenun Sultra di Muffest Yogyakarta

Baca juga: Gubernur Jatim: Vaksinasi dorong kegiatan ekonomi termasuk fesyen

Baca juga: MUFFEST Surabaya geliatkan UMKM fesyen muslim Jawa Timur

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pengendalian COVID-19 picu pertumbuhan ekonomi Babel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar