Padang (ANTARA News) - Pasokan daging ayam potong dari peternak terus berkurang akibatnya harga daging ayam naik pada sejumlah pedagang di Pasar Raya Padang,Sumatera Barat.

"Melambungnya harga daging ayam potong dipicu adanya penurunan pasokan dari peternak pada tingkat pengecer," kata Nasrul salah seorang pedagang ayam di Pasar Raya Padang, Minggu (4/7).

Menurutnya, berkurangnya pasokan daging ayam potong di Kota Padang dirasakan sejumlah pedagang ayam potong sejak dua pekan dari peternak.

Berkurangnya pasokan daging ayam ini mengakibatkan, harga mengalami kenaikan hingga mencapai Rp45.000 per ekornya. "Padahal dalam tiga pekan lalu harga daging ayam potong dijaul sejumlah pedagang berkisar antara Rp25.000 hingga Rp35.000 per ekor,"kata Nasrul.

Dia menambahkan, sejumlah pedagang ayam potong yang ada di Pasar Raya kewalahan untuk mengisi pelanggan tetap akibat berkurangnya pasokan dari peternak yang ada.

Pasokan berkurang, harga daging ayam potong mengalami kenaikan, mau tidak mau kami harus mengisi terlebih dahulu pelanggang tetap.

"Pelanggan tetap daging ayam adalah pedagang sate ayam, bubur ayam, pedagang ayam goreng dan bakar serta sejumlah warung makan. Kebutuhan daging ayam bagi mereka cukup tinggi sehingga kenaikan tersebut terasa sangat memberatkan,"katanya.

Hal senada juga dikatakan Roni, pedagang ayam di Padang, mengatakan saat ini pedagang mengeluhkan berkurangnya pasokan daging ayam potong.

Pasokan daging ayam pada tingkat pedagang pengecer di Kota Padang berkurang bila dibandingkan sebelumnya, sehingga memicu tingginya harga jual pada tingkat konsumen. "Sudah dua pekan pasokan ayam dari peternak berkurang terpaksa harga naik, sebenarnya ia berharap harga daging ayam normal,"katanya.

Menurutnya, semestinya pedagang besar cepat mengantisipasinya dengan mendatangkan pasokan daging ayam potong dari berbagai daerah.

"Bila tidak ada pasokan daging dalam satu dua hari ini, diperkirakan warga Padang akan kekurangan pasokan daging ayam potong,"katanya.

Dia menambahkan, kebutuhan daging ayam potong dalam satu hari saja sejumlah pedagang ayam yang ada di Kota Padang sekitar 30 ton.

Namun sekarang ini kebutuhan ayam potong untuk satu hari saja hanya sekitar 25 ton saja, itupun tidak cukup untuk mengisi langganan tetap. "Kami tak bisa memprediksi, kapan harga daging ayam potong bisa kembali normal, untuk turun hingga normal tidak bisa prediksi ," katanya. (ZON/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010