Rabat, 6/7 (ANTARA/Reuters) - Mantan kapten Belgia Eric Gerets diangkat menjadi pelatih Maroko melalui kontrak empat tahun, demikian pengumuman yang dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko.

Pengumumuman itu sekaligus mengakhiri spekulasi atas kedatangan pelatih berusia 56 tahun itu, yang sebelumnya sempat melatih di beberapa klub di Belgia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Turki.

Gerets sementara akan bekerja secara paruh waktu hingga dia melengkapi kampanye Liga Champion Asia bersama klub yang ditanganinya Al Hilal dari Arab Saudi, yang akan berakhir pada November.

Sebagai pelatih, Gerets pernah memenangi gelar liga Belgia bersama Lierse dan Club Bruges, dan di Belanda bersama PSV Eindhoven dan bersama Galatasaray di Turki. Dia juga pernah melati Olympique Marseille antara tahun 2007 dan 2009.

Setelah sempat memperkuat timnas Belgia selama 86 kali pertandingan, Gerets bertugas sebagai pelatih pertamakali di timnas.

Bulan depan Maroko akan bertanding persahabatan melawan Equatorial Guinea di Rabat dan kemudian pada September memulai tantangannya untuk bisa lolos kualifikasi untuk Piala Afrika 2012. Mereka berada di grup penyisihan bersama Aljazair, Republik Afrika Tengah dan Tanzania.(*)

(Uu.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010