Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pantas menerima penghargaan khusus dari Polri karena ikut mendukung pemberantasan terorisme di provinsi itu, kata seorang anggota DPD Provinsi Aceh.

"Penghargaan itu sudah wajar diterima Gubernur Irwandi Yusuf karena dukungannya dalam memberantas terorisme di Aceh," kata Ketua Forum Bersama anggota DPD-DPR RI asal Aceh, Nasir Jamil, di Jakarta, Rabu.

Irwandi menjadi satu-satunya gubernur di Indonesia yang meraih penghargaan dari Polri karena aktif dalam pemberantasan terorisme nasional dan internasional.

Penghargaan diterima Irwandi dalam acara syukuran HUT Ke-64 Bhayangkara dan diserahkan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri yang dikukuhkan dalam Surat Keputusan Kapolri.

Penyerahan penghargaan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

Keberhasilan polisi dalam menggulung jaringan terorisme di sejumlah daerah termasuk Aceh juga berkat dukungan dari masyarakat yang kegiatan terorisme kepada polisi.

Sepanjang Februari-Maret 2010 polisi diperkuat Tim Antiteror Densus 88 berhasil memukul mundur dan menangkap belasan orang yang diduga terlibat jaringan terorisme yang berasal dari luar Aceh.

"Jadi memang pantas Gubernur Irwandi Yusuf mewakili masyarakat Aceh menerima penghargaan tersebut karena tidak mungkin terorisme bisa diberantas tanpa peran masyarakat yang aktif melaporkan kegiatan mencurigakan," kata Nasir Jamil.(*)

D016/s018/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010