Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat yang ingin membeli apartemen 1Park Residence yang dibangun PT Intiland Development Tbk di kawasan elit Gandaria Jakarta Selatan, dapat memanfaatkan fasilitas kredit (kredit pemilikan rumah/apartemen) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Kami telah menandatangani perjanjian dengan BRI untuk memfasilitasi pembiayaan kepemilikan unit apartemen di 1Park Residence Gandaria," kata Chief Operating Officer PT Intiland Development Tbk, Suhendro Prabowo di Jakarta, Rabu.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama ini dilakukan kedua belah pihak, pada Rabu (7/7). Masing-masing pihak diwakili oleh Suhendro Prabowo, chief operating officer Intiland sekaligus Direktur Utama PT Gandaria Permai selaku pengembang dan Joice F Rosandi, Kepala Divisi Kredit Konsumer BRI.

Suhendro Prabowo mengatakan, kerjasama ini akan akan sangat membantu dan memudahkan masyarakat untuk bisa memiliki dan tinggal di apartemen 1Park Residences.

"Ini merupakan bentuk kerjasama yang mutual bagi kedua belah pihak. BRI dengan jaringan cabang yang sangat luas dan jumlah nasabah yang sangat besar serta memiliki peran dan posisi penting dalam membantu kebutuhan keuangan masyarakat, termasuk dalam hal pembiayaan sektor perumahan dan hunian," kata Suhendro lebih lanjut.

Lebih jauh, Joice R. Rosandi mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Intiland.Dengan jumlah nasabah lebih dari 50 juta, BRI berkomitmen untuk selalu memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat, termasuk untuk memiliki unit-unit apartemen.

"Kebutuhan para nasabah BRI terhadap tempat tinggal termasuk apartemen dari tahun ke tahun meningkat. Kami akan terus berusaha untuk membantu masyarakat untuk memiliki tempat tinggal lewat fasilitas KPA yang inovatif dan sesuai keinginan dan kemampuan masyarakat," kata Joice.

Menurutnya, ceruk pasar pembiayaan apartemen, khususnya di Jakarta meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Adanya perubahan tren hunian masyarakat yang kembali ke perkotaan, menjadi salah satu pemicu tingginya permintaan fasilitas kredit kepemilikan untuk produk kondominium dan apartemen.

Melalui fasilitas KPA dari BRI ini, calon pembeli apartemen 1Park Residences mendapatkan fasilitas pembiayaan yang sangat menarik. Untuk pembeli unit apartemen 1Park Residences lewat fasilitas KPA BRI mendapatkan bunga khusus sebesar 7,5 persen tetap setahun atau 8,8 persen tetap untuk dua tahun.

"Bunga KPA tersebut kami berikan bagi para pembeli apartemen. Setelah tahun pertama atau kedua, tingkat bunganya akan kembali normal sesuai tingkat bunga pasar yang berlaku," ujarnya.

"Kami juga menawarkan alternatif produk KPA dengan tingkat bunga tetap lainnya. Misalnya untuk jangka waktu 1 tahun dengan tingkat bunga 4,50 persen tetap per tahun, untuk 2 tahun tingkat bunga 5 persen tetap per tahun, atau jangka waktu 5 tahun dengan tingkat bunga 6 persen tetap pertahun,? tambahnya.

Dengan tingkat bunga rendah tersebut, Suhendro berkeyakinan pemberian fasilitas KPA BRI ini akan dapat meningkatkan penjualan unit apartemen 1Park Residences.

Selain dari sisi persyaratannya relatif mudah, kerjasama ini memberikan alternatif pilihan model pembiayaan bagi para calon konsumen untuk memiliki apartemen 1Park Residences.

Mengenai pembangunan proyek apartemen, Suhendro mengatakan, dari dua tower apartemen yang sudah dipasarkan sebelumnya,sebanyak 70 persen sudah laku terjual.

Menyusul kesuksesan tersebut, perseroan berencana untuk segera memasarkan tower ketiga pada triwulan III 2010.

Apartemen 1Park Residences dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar di kawasan elit, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Apartemen ini terdiri atas 379 unit yang terbagi ke dalam tiga tower dengan ketinggian 22, 18, 26 lantai.

Suhendro menjelaskan proses pembangunan 1Park Residences saat ini segera memasuki tahap pondasi. Perseroan akan menentukan kontraktor utama untuk memulai pembangunan basement dan tower apartemen.

"Proses pembangunan lantai basement dan tower akan kami mulai dalam waktu dekat. Kami memastikan pembangunan apartemen 1Park Residences bisa selesai dan diserahterimakan ke konsumen pada akhir 2012,? kata Suhendro.

Proyek apartemen ini juga mengalokasikan lebih dari 70 persen dari total lahan seluas 1,2 hektar untuk area penghijauan dan fasilitas bagi penghuninya.
(T.G001/B12/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010