Perlu dipastikan siapa yang memiliki hak pilih
Morowali Utara, Sulteng (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Hasyim Asy'ari bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi meninjau tempat pemungutan suara (TPS) pelaksanaan Pemunguatan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara.

Hasyim Asy'ari bersama Rusli Palabbi didampingi Anggota KPU Provinsi Sulteng, KPU Morowali Utara, dan Penjabat Bupati Morowali Utara Yopie Patiro mengunjungi satu TPS di Desa Peboa, Kecamatan Petasia Timur, Minggu.

"Perlu dipastikan siapa yang memiliki hak pilih dan berhak untuk menyalurkan hak pilihnya pada PSU ini," ujar Hasyim Asy'ari, di Morowali Utara.

Hasyim meminta kepada KPU Morowali Utara agar memastikan betul data pemilih dan mereka yang berhak menyalurkan hak pilih pada tanggal 19 April 2021 besok.

Ia menegaskan bahwa penyelenggara pemungutan suara ulang pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah itu adalah KPU Morowali Utara.

"Teman-teman KPU Morowali Utara sudah melakukan itu, baik terhadap TPS yang ada di dalam lingkup PT ANA maupun di luar PT ANA," ujarnya.

PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara akan berlangsung di empat TPS pada Senin (19/4), meliputi satu TPS di Desa Menyoe, Kecamatan Mamosalato. Satu TPS di Desa Peboa, Kecamatan Petasia Timur, dan dua TPS khusus di lingkungan PT Agro Nusa Abadi (ANA). Jumlah total DPT 1.383 pemilih.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi menyampaikan bahwa kunjungannya dalam rangka meninjau persiapan PSU di Kabupaten Morowali Utara.

"Dari petugas PPK menyatakan bahwa surat undangan pemilih sudah didistribusikan sekitar 90 persen, dan panitia menyiapkan sarana prokes cegah COVID-19 di TPS," ujarnya pula.
Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari bersama Gubernur Sulteng dan Forkopimda Morowali Utara meninjau TPS pelaksanaan PSU pemilihan bupati dan wakil bupati setempat, Minggu (18/4/2021). (ANTARA/HO/Dok Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng)

Ia juga mengimbau masyarakat dapat menahan diri dan tidak terprovokasi agar pelaksanaan PSU berjalan aman dan lancar.

Mengenai pemilih di lingkup PT Agro Nusa Abadi (PT ANA), Penjabat Bupati Morowali Utara Yopie Morya Immanuel Patiro berharap kepada perusahaan itu agar memberikan ruang kepada karyawannya untuk libur bagi yang punya hak pilih, sehingga tingkat partisipasi PSU bisa meningkat.
Baca juga: KPU Sulteng cek kesiapan logistik PSU di Morowali Utara
Baca juga: KPU Morut: Distribusi logistik PSU TPS terpencil melalui udara

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021