Anggota DPR bantu korban bencana di Lumajang

Anggota DPR bantu korban bencana di Lumajang

Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempabumi di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021) ANTARA/HO-Humas DPR.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

"Apa yang saya lakukan ini adalah kewajiban saya sebagai wakil rakyat bagi masyarakat di wilayah Lumajang," kata Syaiful dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Anggota DPR daerah pemilihan IV Jatim itu mengunjungi korban yang terdampak bencana sekaligus menyerahkan bantuan sembako ke rumah-rumah warga dalam masa reses Sidang Paripurna ke VI tahun 2021.

"Bantuan ini bisa sedikit meringankan korban gempa kemarin," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangksa (PKB) itu.

Baca juga: Gubernur Jatim lepas bantuan dari Jateng ke daerah terdampak gempa

Mengenai proses penyalurannya, kata Syaiful, akan disalurkan melalui pasukan infantri dari Kodim 0821/Lumajang agar bisa segera di distribusikan kepada warga terdampak bencana.

"Saya sudah titipkan pada mereka, agar sembako tersebut bisa disalurkan di tempat yang sangat terdampak pasca gempa," kata Syaiful.

Syaiful dalam kunjungannya tersebut, meminta agar Pemkab Lumajang bisa melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di sekitar tebing, mengingat di wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor, apabila terjadi gempa susulan.

Syaiful berharap bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini kementrian PUPR, untuk memberikan bantuan khusus guna merehabilitasi bangunan dan fasilitas umum yang terdampak di wilyah tersebut.

Baca juga: Pemprov Jatim: Percepat validasi data warga terdampak gempa Malang

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo ini mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Sebanyak 3.748 unit bangunan rusak, 1.600 di antaranya rusak ringan, 1.130 rusak sedang, dan 1.018 rumah rusak berat.

Sementara itu, Dandim 0821/lumajang, Letkol Inf Andi A. Wibowo selaku kepala koordinasi kebencanaan gempa bumi wilayah Lumajang, mengapresiasi bantuan dari anggota DPR RI fraksi PKB itu. Menurutnya, kebutuhan warga terdampak bencana sangat di butuhkan saat ini.

Selanjutnya Letkol Inf Andi menjelaskan alur distribusi bantuan yang akan di lakukan dalam membantu warga terdampak gempa bumi, mulai dari kawasan Kecamatan Tempursari, Pasirian, Pasrujambe Lumajang dan sejumlah Kecamatan lain. Letkol Inf Andi menambahkan, saat ini Jajaran TNI telah mendirikan Posko darurat bencana gempa di Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang.

"Sejak beberapa malam tadi kami telah mendirikan Posko bencana gempa dan kami bersama warga tidur di Posko," kata Andi.

Baca juga: PUPR salurkan sarana prasarana bagi warga terdampak gempa di Jatim

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketua DPR: Jangan sekedar tanam tapi rawat pohon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar