Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengungkapkan bahwa penerimaan negara selama semester I 2010 menunjukkan peningkatan yang menggembirakan namun tidak diikuti dengan penyerapan anggaran yang optimal.

"Penerimaan negara itu lebih baik dibanding dengan tahun lalu sampai dengan Juni ini, namun penyerapan anggarannya lebih buruk khususnya di belanja modal," katanya di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, rendahnya penyerapan anggaran terutama belanja modal merupakan masalah klasik dari tahun ke tahun yang dihadapi bangsa ini.

"Tadi dalam pertemuan dengan Wapres kita bicarakan khusus masalah ini untuk penyerapan anggaran dapat lebih baik," katanya.

Pemerintah, katanya, mengharapkan ada pemecahan masalah rendahnya penyerapan anggaran yang sifatnya strategis dan tuntas.

Mengenai berapa besarnya penyerapan anggaran hingga akhir Juni 2010, Menkeu mengatakan, angkanya sudah ada tetapi tidak hafal betul.

"Sekarang ini untuk belanja pemerintah, kisarannya sekitar 35 persen, itu kira-kira lebih rendah dua persen dibanding tahun lalu," katanya.

Sementara itu mengenai 20 kementerian/lembaga yang rendah penyerapan anggarannya, Menkeu mengatakan, dirinya tidak bisa menyebutkan 20 institusi itu.

"Tapi memang rata-rata nasional itu adalah 29 persen. Jadi kalau ada kementerian/lembaga yang di bawah 29 persen, tentu diharapkan bisa melakukan penyerapan lebih cepat di semester II ini," katanya menambahkan.
(T.A039/D012/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010