Padang (ANTARA News) - Yusuf (60), seorang purnawirawan polisi, menembak cucunya sendiri di dalam rumah yang terjadi di belakang SMP 16 Padang, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Mantan polisi yang melakukan penembakan terhadap cucunya sendiri di dalam rumah bernama Yusuf (60)," kata Kapolsek Koto Tangah, Iptu Eri Saja, di Padang, Jumat.

Gina (10) cucu mantan polisi ini datang ke Kota Padang untuk mengisi liburan sekolah.Gina sudah seminggu berada di Kota Padang lantaran liburan sekolah.

Menurut dia, kejadian penembakan yang dilakukan Yusuf  pada Jumat sekitar pukul 03.00 WIB.

Yusuf mengira ada rusa yang masuk kedalam rumah, sehingga ia segera mengambil senjata api untuk menembak hewan tersebut. Ternyata, ia baru menyadari kemudian bahwa yang ditembak adalah cucunya sendiri yang sedang tidur di luar kamar rumah.

Dia menambahkan, "Kita membawa korban penembakan kerumah Sakit Siti Rahma untuk mendapatkan perawatan insentif dari dokter."

Sementara itu, Yusuf diamankan ke Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Koto Tangah untuk dilakukan pemeriksaan. "Barang bukti berupa senjata api serta selonsong peluru diamankan petugas," katanya.

Dari keterangan Yusuf, menurut dia, senjata api itu biasa digunakannya untuk berburu rusa.

"Setiap akhir pekan mantan polisi ini bersama pemburu lainya sering berburu rusa maupun babi yang ada di daerah Balai Gadang, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang," ujarnya.

Ia mengemukakan, Yusuf untuk sementara ditahan guna dimintai keterangan yang lebih terinci.

"Pihak kepolisian masih kesulitan untuk meminta keterangan dari mantan polisi tersebut, disebabkan sudah pikun," katanya.

Oleh karena itu, pihak kepolisian juga sudah meminta keterangan sejumlah saksi terkait kasus penembakan yang dilakukan Yusuf terhadap sang cucu.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010