Palu (ANTARA News) - Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, Sulawesi Tengah, meluncurkan situs beritapalu.com di sebuah pusat perbelanjaan, Sabtu malam.

Peluncuran itu dilakukan secara simbolis oleh Wakil Wali kota Palu, Mulhanan Tombolotutu, dengan cara menekan tombol "enter" pada komputer, dan selanjutnya muncul situs www.beritapalu.com di layar lebar yang bisa dilihat oleh tamu undangan serta pengunjung mal yang lalu lalang di sekitar lokasi kegiatan.

Dalam sambutannya, Mulhanan berharap portal berita pertama di Kota Palu ini menjadi pusat pelayanan berita kepada masyarakat yang terdepan dibanding media online lokal lainnya.

Selain itu, katanya, beritapalu.com juga harus menjadi situs berita yang menyajikan informasi yang akurat dan terkini sesuai kejadian aktual di masyarakat.

"Yang jelas beritapalu.com diupayakan harus independen karena yang mendirikan situs ini adalah AJI Palu," kata Mulhanan.

Sementara Ketua AJI Kota Palu, Ridwan Lapasere, mengatakan portal beritapalu diharapkan terus bisa menyajikan berita-berita yang aktual dan bisa dipercaya di tengah banyaknya media massa yang terus berkembang saat ini.

"Secara bertahap situs beritapalu.com akan dikembangkan sehingga tampilannya lebih variatif," ujarnya.

Portal beritapalu.com sendiri berisi berbagai berita dari 11 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

Peluncuran beritapalu.com itu juga menghadirkan orasi jurnalistik oleh Tasrief Siarra, penulis terkemuka asal Kota Palu.

Orasi yang berjudul "dari serat papirus menuju serat optik" secara garis besar berisi perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Selain itu juga terdapat penampilan grup musik Sensasi yang menampilkan sejumlah lagu etnik khas Kota Palu.
(R026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010